Dirut PG Dwi Satriyo Dinobatkan Jadi Leader of TJSL Initiative Manufacturing

Reporter : Koinul Mistono - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Jakarta – Sejumlah penghargaan kembali diraih Petrokimia Gresik (PG), selaku perusahaan solusi agroindustri yang merupakan anggota holding Pupuk Indonesia. Keberhasilan ini karena Petrokimia Gresik dinilai komitmen menjalankan program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) dan Corporate Social Responsibility (CSR) sesuai Peraturan Menteri (Permen) BUMN PER-05/MBU/04/2021 tentang TJSL BUMN.

BACA JUGA :  Siswa Kelas 3 SD di Surabaya Ini Rela Sumbangan Celengan untuk Korban Bencana

Total ada 5 penghargaan sekaligus yang berhasil dibawanya pulang dalam ajang “TJSL & CSR Award 2021”. Kegiatan ini diselenggarakan oleh BUMN Track di Jakarta, pada Kamis (14/10/2021) malam.

Penghargaan pertama diberikan kepada Direktur Utama (Dirut) Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo yang dinobatkan sebagai “The CEO/Leader of TJSL Initiative Manufacturing”. Kemudian Petrokimia Gresik juga menyabet gelar juara 1 dalam empat kategori sekaligus, yaitu Pilar Sosial, Pilar Ekonomi, Pilar Lingkungan, serta Pilar Hukum & Tata Kelola.

Dwi Satriyo menyatakan bahwa Petrokimia Gresik berkomitmen untuk terus tumbuh dan berkembang bersama masyarakat. Sehingga program TJSL dan CSR perusahaan dilaksanakan secara komprehensif sesuai dengan prinsip-prinsip serta empat pilar Sustainable Development Goals (SDG) yakni Pilar Sosial, Ekonomi, Lingkungan, serta Hukum dan Tata Kelola.

“Pelaksanaan program TJSL dan CSR memegang peranan penting dalam peningkatan kinerja perusahaan, termasuk terwujudnya kesejahteraan masyarakat sebagai stakeholder kami,” tandas Dwi Satriyo.

Adapun beberapa program TJSL dan CSR unggulan Petrokimia Gresik antara lain program SEKAR MAMAMIA (Sekolah Kader Mama & Pemuda Petrokimia); Program LITERASI (Lingkungan Peternakan Sapi Terintegrasi); Pusat Restorasi dan Pembelajaran Mangrove (PRPM) Mengare, Program Kalam (Kali Lamong) Mangrove; dan masih banyak lagi.

Dia berharap penghargaan ini dapat mengakselerasi perkembangan SDG di Petrokimia Gresik, sekaligus memberikan motivasi untuk mewujudkan tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan di lingkungan Pupuk Indonesia Grup.

“Penghargaan atas program TJSL dan CSR yang kembali kami peroleh ini merupakan bonus atas komitmen dan implementasi perusahaan dalam program TJSL dan CSR. Ini adalah bukti nyata bahwa upaya kami berjalan optimal,” ujar Dwi Satriyo.

Sebelumnya, Petrokimia Gresik juga memborong 9 (sembilan) penghargaan sekaligus dari 3 (tiga) ajang yang berbeda atas komitmennya dalam menjalankan program CSR. Rinciannya tiga penghargaan dari ajang Indonesia Corporate Social Responsibility Award (ICSRA), 5 (lima) penghargaan di panggung Nusantara Corporate Social Responsibility Awards (NCSRA) 2021 yang diselenggarakan oleh La Tofi School of CSR; serta Gold Winner dari ajang Indonesian SDGs Award (ISDA) 2021.

Sementara itu, TJSL & CSR Award merupakan bentuk apresiasi tertinggi kepada BUMN yang telah memberikan manfaat sesuai Permen BUMN PER-05/MBU/04/2021. Regulasi tersebut mengarahkan agar program TJSL BUMN mendukung core business perusahaan, sehingga menciptakan nilai tambah bagi perusahaan.

TJSL & CSR Award 2021 bukan sekadar ajang penghargaan. Namun juga menjadi sarana pembelajaran bersama bagi para peserta untuk meningkatkan kualitas program TJSL & CSR dalam mendukung core business perusahaan secara berkelanjutan.

“Ajang ini juga menjadi sarana benchmarking bagi perusahaan untuk dapat melaksanakan program yang lebih terukur, berdampak dan berkelanjutan,” tutup Dwi Satriyo. (*)