Di Tengah PSBB, KM Bahari Ekxpres Tujuan Bawean Kembali Berlayar

Reporter : Muhammad Khoirur Rosyid

KLIKJATIM.Com | Gresik—Dinas Perhubungan (Dishub) Gresik menerbitkan surat edaran (SE) kapal cepat KM Expres Bahari 8E Gresik-Bawean kembali beroperasi. Padahal, saat ini masih dalam masa penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

BACA JUGA :  Pick Up Muatan Ayam Tabrak Pemotor Hingga Tewas Mengenaskan di Jalan Raya Ngembung Cerme

Kadishub Gresik Nanang Setiawan menjelaskan, diperbolehkankannya Bahari Expres beroperasi itu merupakan keputusan Satgas Covid-19 Kabupaten Gresik. Tidak ada pelanggaran PSBB dalam keputusan ini.

“Ini sudah keputusan tim gugus Covid-19 Gresik, dan  PSBB itu kan harus melakukan pembatasan penumpang, kami  melakukan pembatasan dengan 50 persen penumpang,” katanya, saat dikonfirmasi, Jumat (22/5/2020).

Dikatakan Nanang, kapal cepat itu hanya sekali saja yang nantinya akan diteruskan Kapal Giliiyang di hari Rabu 27 Mei 2020.

BACA JUGA :  Giliran Pihak Korban Laporkan Anggota Dewan Nur Hudi ke Badan Kehormatan

Ditambahkan Nanang, para penumpang harus menjalani rapid tes dan membawa hasilnya (status non reaktif) sebagai syarat untuk berlayar. 

“Nanti calon penumpang wajib menunjukkan hasil rapid tes asli dan fotocopynya saat pembelian tiket. Jika tidak menunjukkan surat kesehatan, tidak akan dilayani. Kapal hanya membawa penumpang 195 orang dengan harga tiket excekutiv Rp 210 rb, VIP Rp 235 rb, ” pungkas Nanang. (mkr)