Di Bangkalan, Arumi Bachsin Kampanyekan ‘Tisagaluh’

Reporter : M. Shohibul Anwar - klikjatim.com

Ketua TP-PKK Jatim Arumi Dardak saat berkegiatan di di Bangkalan

KLIKJATIM.Com | Bangkalan – TP-PKK Jatim memastikan telah ikut berkontribusi dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Jatim. Yakni dengan melakukan surveilans dan mengedukasi masyarakat.

BACA JUGA :  Terhimpit Dua Truk, Pemotor di Sidoarjo Tewas di Jalan Raya

Upaya itu sendiri, dilakukan dengan ‘Tisagaluh’. Artinya, Tiap Satu Orang Kader Bertugas Mengedukasi Tiga atau Lebih Anggota Keluarganya dan 10 Rumah di Sekitarnya.

Ketua PKK Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak mengungkapkan, Tisagaluh adalah program yang diinisiasi TP PKK Jatim untuk mengedukasi keluarga dan orang-orang di sekitarnya.

“Sebagai mitra pemerintah TP PKK Provinsi Jawa Timur berupaya untuk terus berkontribusi untuk memberikan dukungan dalam melaksanakan pencegahan dan penanggulangan Covid-19 yang dimulai dari kampanye Tisagaluh, ” kata Arumi di Pendopo Agung, Bangkalan, Kamis (25/11/2021).

Arumi menjelaskan, selain upaya pencegahan Covid-19, ada tugas TP PKK yang tidak boleh dilupakan yaitu berupaya dalam penurunan angka stunting. Kata dia, Berdasarkan data SSGBI 2019, angka prevalensi stunting Jatim ada di urutan ke-5 terbesar di Indonesia yaitu 26,9 persen.

“Program yang tidak boleh dilupakan dalam masa pandemik ini adalah program percepatan penurunan stunting. TP PKK Provinsi Jawa Timur selalu mendukung pemerintah dalam percepatan penurunan stunting,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Umum TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian menyampaikan, kegiatan penyerahan bantuan dilakukan untuk memotivasi seluruh TP PKK agar melakukan kegiatan yang bisa benar-benar sampai ke masyarakat.

Sebab, menurutnya selama ini banyak kegiatan atau upaya penurunan angka stunting yang hanya dalam bentuk rekomendasi-rekomendasi dan seremonial saja. “Ini adalah salah satu bentuk atensi kami untuk merangsang, memotivasi semua tim penggerak PKK di seluruh kepengurusan agar betul-betul terjun ke masyarakat mencapai sasarannya,” ucapnya.

Perlu diketahui, pada kesempatan itu, juga diserahkan 1000 paket bantuan makanan sehat secara simbolis oleh Ketua Umum TP PKK Pusat kepada Ketua TP PKK Jatim yang secara simbolis diberikan kepada bayi, balita, ibu hamil, lansia, dan disabilitas masing-masing 2 orang. Selain itu juga diserahkan uang tunai dan paket makanan sehat kepada sejumlah anak yatim.

Lalu Penyerahan bantuan 200 paket Alat Permainan Edukasi Penanggulangan Bencana Kesehatan Covid-19 (PALAGAN) oleh Ketua Umum TP PKK Pusat secara simbolis kepada 5 orang kader posyandu. Kemudian juga dilakukan Penyerahan bantuan 10 buah Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan 50 tas siaga bencana kepada Ketua TP PKK Jatim.  (ris)