Delapan Bumdesa Tulungagung Peroleh Bantuan dari Pemprov Jawa Timur

Reporter : Iman - klikjatim.com

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengunjungi Nangkula Park.

KLIKJATIM.Com I Tulungagung – Bantuan Keuangan desa untuk memberikan dukungan kepada Bumdesa ini diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Kofifah Indar Parawansa di Nangkula Park Desa Kendalbulur Kecamatan Boyolangu Tulungagung, pada Sabtu (22/05) sore ini.

BACA JUGA :  Gagal Pinalti, Persik Kediri Tumbang 0-1 Lawan Bali United di Laga Perdana Liga 1

Bantuan tersebut diberikan kepada Bumdesa Kendalbulur kecamatan Boyolangu, Bumdesa Tiudan kecamatan Gondang, Bumdesa Samar dan Mulyosari kecamatan Pagerwojo, Bumdesa Karangrejo kecamatan Karangrejo, Bumdesa Banyuurip kecamatan Kalidawir, Bumdesa Picisan kecamatan Sendang, dan Bumdesa Karanganom kecamatan Kauman.

Kofifah menyebut, pengembangan Bumdesa menjadi salah satu fokus pihaknya.

Kofifah menyebut lokasi wisata Nangkula Park yang dikelola Bumdes Larasati menjadi contoh pengbangan Bumdes yang patut diapresiasi.

Lokasinya yang tidak jauh dari perkotaan membuatnya semakin mudah untuk dikunjungi oleh wisatawan.

“Makin dekat dengan pemukiman makin bagus karena memberikan penguatan ekonomi karena memicu pergerakan UMKM lokal, menggerakan transportasi publik” ujarnya.

Imbasnya UMKM disekitar Nangkula Park bisa bangkit, terlebih UMKM menjadi salah satu penyumbang pertumbuhan perekonomian di Jawa Timur.

Pihaknya mengapresiasi peningkatan ekonomi Kabupaten Tulungagung yang awalnya defisit minus 2 persen namun akhirnya tumbuh menjadi 5,2 persen.

“Apresiasi untuk Tulungagung, jika sebelumnya pertumbuhan ekonominya defisit minus 2, sekarang tumbuh 5,2persen,” terangnya.

Menurutnya, hal ini tak lepas dari capaian penanganan Covid-19 yang dilakukan secara maksimal, sehingga mampu meningkatkan ekonomi masyarakat secara umum.

Berkembangnya wisata yang dikelola desa, tak lepas dari kreatifitas pengelola wisata untuk menghadirkan hal hal baru dalam perkembangannya sehingga pengunjung tidak disuguhi hiburan yang itu itu saja.

Pihaknya meminta pengelola Nangkula Park untuk terus mengupdate perkembangan dan penambahan wahana baru, minimal dalam dua minggu sekali.

“Saya harapkan penamabahan dan update wahana baru untuk wahana wisata di Nangkula ini misalnya,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo mengapresiasi bantuan yang diberikan untuk kemajuan Bumdes di wilayahnya.

Pihaknya juga menyampaikan sejauh ini penanganan Covid-19 cukup baik dan pertambahan jumlah terkonfirmasi Covid-19 bisa dikendalikan.

“Pertambahan rata rata dalam sehari 5 sampai 10 terkonfirmasi setiap hari, dengan jumlah kesembuhan hampir sama,” tuturnya. (bro)