Danlanud Muljono Buka Latihan Pertahanan Pangkalan

Reporter : Didik Nurhadi - klikjatim.com

latihan pertahanan pangkalan ini bertujuan meningkatkan kemampuan dan kemahiran anggota dalam mempertahankan dan mengamankan Pangkalan TNI Angkatan Udara

KLIKJATIM.Com | Pasuruan – Komandan Lanud Muljono Kolonel Pnb M. Somin, membuka Latihan Pertahanan Pangkalan di Detasemen Raci, Kabupaten Pasuruan. Latihan ini diikuti seluruh anggota Lanud Muljono, Kamis (25/6/2020).

BACA JUGA :  Wabup Jember Muqit Minta Kartu Petani Dimanfaatkan Ambil Pupuk Subsidi

Menurut Danlanud, latihan pertahanan pangkalan ini bertujuan meningkatkan kemampuan dan kemahiran anggota dalam mempertahankan dan mengamankan Pangkalan TNI Angkatan Udara. Termasuk mempertahankan aset-aset TNI yang berada di wilayah Lanud Muljono.

Dikatakan, latihan ini meliputi berbagai materi teori dan praktek lapangan. Di antaranya materi Kamhanlan dan materi dasar perorangan. “Materi perorangan ini meliputi taktik regu dan taktik peleton. Nantinya latihan itu akan dipraktekkan pada medan yang sebenarnya,” ujar Kolonel M Somin.

BACA JUGA :  Cari Biawak Ketemunya Awak Manusia di Dalam Sumur

Dikatakan, salah satu indikator untuk menilai keberhasilan latihan jika semua unsur latihan dapat terpadu. Kemudian saling bekerja sama hingga mampu menghindari kecelakaan. Sebab, keselamatan merupakan hal yang utama. “Saya yakin semua peserta dapat melaksanakan latihan secara bertanggung jawab terhadap diri pribadi masing-masing. Sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal,” ujar Danlanud Muljono.

Ditambahkan, selain latihan Hanlan, juga dilaksanakan latihan menembak eksekutif dengan para pimpinan Forkopimda Pasuruan. Acara menembak Eksekutif ini kami adakan dengan maksud sebagai sarana melatih keterampilan menembak, karena menembak merupakan salah satu keterampilan yang harus terus dibina kemahirannya.(hen)