Curi Start Mudik, Ratusan Kendaraan di Jembatan Suramadu Diputar Balikkan

Reporter : M. Shohibul Anwar - klikjatim.com

Pelanggar larangan mudik selain diputarbalik juga dapat bonus sanksi tilang dari polisi.

KLIKJATIM.Com | Surabaya – Ratusan kendaraan baik roda empat maupun roda dua dengan tujuan Madura terpaksa berputar arah usai terjaring razia di check point Jembatan Suramadu, Kamis (6/5/2021) dini hari. Sejak 6 Mei 2021, pemerintah memberlakukan kebijakan larangan mudik.

BACA JUGA :  Ratusan Remaja Kota Pasuruan Demo Tolak PPKM Diwarnai Kericuhan

Kasatlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak AKP Eko Adi Wibowo mengatakan, rata-rata kendaraan yang diputar balikkan itu adalah mereka yang mencuri start mudik.

Selain itu, bagi mereka yang tidak bisa menunjukkan surat tugas dari kantor atau perusahaan serta tidak memiliki surat bebas Covid-19 juga harus rela putar balik.

“Rata-rata yang kita balikkan itu kebanyakan mereka yang mencuri start, tetapi nasibnya sial, ya sudah kita kembalikan pemudik-pemudik itu,” katanya.

Sementara dari pantauan klikjatim.com di lapangan, hingga pukul 01.00 WIB hanya ada beberapa kendaraan saja yang berhasil lolos dari screening.

“Hanya satu dua (yang lolos). Ada tugas di daerah Sumenep, itu pun menunjukkan surat tugas dan surat PCR. Jadi kita loloskan,” ungkap AKP Eko.

Ia juga mengimbau, bagi masyarakat yang tidak memiliki keperluan mendesak agar tetap di rumah. Ia menjelaskan, meskipun ada kematian, membesuk keluarga yang sakit keras, hingga mengantarkan orang hamil itu pun dibatasi.

“Jadi tanpa kecuali. Baik pun roda dua maupun roda empat, tidak ada keperluan, silakan kembali,” tandasnya.  (bro)