Cerita Perawatan Rumput Stadion Gejos, Selama Empat Tahun Dirawat Orang Khusus

Reporter : Abdul Aziz Qomar - klikjatim.com

Rumput stadion GEJOS berstandar internasional yang dirawat PT Smelting sejak empat tahun lalu. (Ist)

KLIKJATIM.Com | Gresik — Hijaunya rumput stadion Gelora Joko Samudro (GEJOS) tak lepas dari kontribusi besar pabrik tembaga di Gresik PT Smelting. Dalam kurun waktu empat tahun, PT Smelting telah mengeluarkan duit hingga miliaran rupiah untuk menumbuhkan dan merawat rumput stadion kebanggaan warga Gresik itu.

BACA JUGA :  Pemkot Surabaya Bakal Kirim Bantuan Korban Bencana Alam di Probolinggo

Pakar rumput yang digandeng PT Smelting, Manshur bercerita, usai serah terima Stadion Gejos dari kontraktor ke Pemkab Gresik disebutkan bahwa kondisi rumput sangat mengenaskan hingga terlihat gersang. “Lalu, saya dan tim yang digandeng PT Smelting melakukan proses penyembuhan yang memakan waktu empat bulan,” tutur Manshur.

Menurutnya, rumput yang ditanam di Stadion Gejos berjenis Zoysia matrella limer. Rumput tersebut merupakan jenis terbaik yang biasa dipakai di lapangan bola.

“Rumput ini biasa dipakai di Eropa dan Amerika Latin. Dan kebetulan cocok dengan iklim tropis di Indonesia,” ujarnya.

Dengan kualitas demikian, Mansur berkelakar bila pemain bola jatuh di atas rumput gejos, maka yang luka rumputnya. Bukan pemainnya. “Karena ketahanan dan elastisitas rumput tersebut baik, jadi empuk,” ucapnya.

Nah, dalam konstruksi lapangan bola gejos tidak begitu saja diratakan. Melainkan terdiri dari beberapa lapisan, sehingga bila terjadi hujan lebat sekalipun air akan segera meresap.

“Kontruksi lapangannya tidak sembarangan, layer pertama ada batu, ada pasir agak kasar, ada pasir halus. Nah, itu pada yang mempengaruhi tumbuh kembang rumput,” ungkap Mansur.

Dengan kualitas seperti itu, stadion gejos sendiri telah beberapa kali dipercaya menjadi venue turnamen internasional di antaranya piala AFC dan AFF. “Karena kualitas dan memenuhi standar internasional,” kata Mansur.

Dia menyebut totalitas PT Smelting dalam perawatan rumput stadion kebanggaan warga Gresik itu luar biasa. Bahkan, PT Smelting membangun instalasi pengairan untuk perawatan rumput. “Jadi bisa dibilang PT Smelting ngajak saya merawat rumput hampir mulai dari nol,” katanya.

Mansur sendiri merupakan ahli rumput lapangan bola yang pernah bekerja di negara sepakbola di antaranya Argentina dan Uruguay. 

Selain Stadion Gejos, Mansur juga merawat rumput stadion lain. Antara lainnya Delta Sidoarjo, Gelora Bung Tomo, Stadion Surajaya Lamongan dan Tuban. (nul)