Cerita dari Masjid Al-Ishlah Membuat Jemaah Nyaman Beribadah Saat Pandemi

Reporter : Abdul Aziz Qomar - klikjatim.com

KLIKAJTIM.Com | Gresik — Satu persatu jamaah Masjid Al-Ishlah memasuki ruangan masjid sesaat setelah adzan Maghrib dikumandangkan. Tampak para jemaah mulai dari pria maupun wanita hingga anak-anak telah mengenakan masker dan membawa sajadah sendiri.

BACA JUGA :  Gegara Tak Punya Dokter Spesialis, Pasien Anak Ditolak RSUD Umar Mas'ud Bawean

Dengan tertib para jemaah menempati shaf yang telah diberi tanda jaga jarak secara zig-zag antar shaf satu dan shaf dua, saat berada dalam masjid yang berada di Jalan Raden Ajeng Kartini XIVB Nomor 23, Injen Barat, Sidomoro, Kebomas.

Ketua Takmir Masjid Al-Ishlah, Muhammad Rusli mengatakan, meski pandemi sudah agak mereda namun pihaknya tak mengendurkan protokol kesehatan (prokes). “Alhamdulillah jamaah tertib dan disiplin melaksanakan protokol kesehatan seperti imbauan pemerintah,” ujarnya.

Dalam sehari, pihaknya tak kurang dari dua kali membersihkan lantai masjid dengan mengepel dan sapu. Tujuannya agar jemaah merasa nyaman saat berada dalam masjid.

“Ya keberhasilan kan bagian dari ikhtiar kita mengurangi risiko penyebaran covid maupun penyakit lain, kita tetap tawakal,” urainya.

Dari sisi jemaah masjid, mereka tidak merasa keberatan bila harus melakukan ibadah dengan protokol kesehatan. Bahkan mereka merasan nyaman saat beribadah. “Dengan begini (protokol kesehatan) saya nyaman saja sih,” tutur Aziz, salah satu jemaah masjid.

Dalam pantauan di lapangan, apa yang dilakukan pengurus masjid Al-Ishlah ini patut ditiru oleh masyarakat dan pengurus masjid lain. 

Di luar waktu salat, terlihat salah satu pengurus masjid tersebut mengepel dan menyapu lantai masjid. Dalam beberapa sudut masjid pun terdapat imbauan mengenakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak bagi jemaah.

Selain itu, fasilitas cuci tangan plus sabun juga disediakan oleh pengurus masjid. (nul)