Cek Harga Sembako, Khofifah dan Gus Ipul Keliling Pasar

Reporter : M. Shohibul Anwar - klikjatim.com

Gubernur Jatim Khofifah meninjau sejumlah pasar untuk memantau stabilitas harga sekaligus mendengarkan keluhan dari para pedagang.

KLIKJATIM.Com | Pasuruan – Menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Gubernur Jatim Khofifah meninjau sejumlah pasar untuk memantau stabilitas harga sekaligus mendengarkan keluhan dari para pedagang.

BACA JUGA :  Mahasiswa dan Karyawan di Malang Ini Pakai SS Untuk Kuatkan Stamina

Tak ketinggalan, Walikota Pasuruan Saifullah Yusuf juga tampak mendampingi Khofifah saat meninjau Pasar Besar Kota Pasuruan, pada Minggu (9/5/2021). Di situ, keduanya langsung berkeliling dan berinteraksi dengan para pedagang.

Khofifah mengatakan, sampai saat ini stok logistik dan sembako dalam posisi aman dan harga relatif stabil, kecuali daging ayam, sedikit ada kenaikan meski tidak tinggi.

Harga jenis bahan pokok seperti gula, beras, minyak, telur dan daging, kata dia, cenderung stabil. Berbeda dengan harga komoditi seperti daging ayam yang dalam dua hari ini mengalami kenaikan tapi tidak terlalu tinggi.

“Ini akan sangat membantu bagi ibu-ibu rumah tangga karena bahan pangan pokok tersedia cukup aman dengan harga yang stabil untuk Idul Fitri,” ujar Khofifah.

Sementara itu, trend perkembangan harga barang kebutuhan pokok di Jatim hingga Mei 2021 mengalami Fluktuasi. Dari data Siskaperbapo per 8 Mei 2021 Jatim yang diperoleh dari 116 Pasar Rakyat di seluruh Jatim, sejumlah komoditas di Bulan Mei yang mengalami penurunan harga.

Di antaranya adalah Cabai Keriting Rata-Rata Jatim sebesar Rp. 36.402,-/kg (Turun 22,6 persen), Cabai Merah Besar Rp. 37.401,-/kg (Turun 22,77 persen), Cabai Rawit Merah Rata-Rata Jawa Timur bulan Mei 2021 sebesar Rp. 46.463,-/kg (Turun 19,6 persen).

Sedangkan komoditas Telur ayam, Daging ayam dan daging sapi, Telur Ayam Rata-Rata Jawa Timur bulan Mei 2021 sebesar Rp. 21.901,-/kg (Turun 3,8 persen), Daging Ayam Broiler Rata-Rata Jawa Timur bulan Mei 2021 sebesar Rp. 35.678,-/kg (Turun 2,7 persen) dan Daging Sapi Rata-Rata Jawa Timur bulan Mei 2021 sebesar Rp. 110.504,-/kg (Turun 0,85 persen).  (bro)