Bupati Jember Kunjungi Ponpes Ar Rosyid Yang Terdampak Banjir Bangsalsari

Reporter : Abdus Syukur - klikjatim.com

Bupati Jember Hendi Siswanto saat meninjau tembok Ponpes Ar Rosyid di Bangsalsari yang jebol akibat banjir bandang

KLIKJATIM.Com | Jember – Bupati Jember Hendy Siswanto meninjau lokasi banjir di Pondok Pesantren Ar-Rosyid di Desa Bangsalsari, Kec. Bangsalsari Jember, Jumat (19/11/2021).

BACA JUGA :  PDP Corona Asal Kecamatan Kedamean Gresik Meninggal

Tembok Pondok Pesantren Ar-Rosyid tersebut jebol kemarin malam sekitar jam 20:00 WIB, karena posisinya berada di bibir sungai dan kondisi arus air sungai memang sangat kuat setelah hujan deras dalam waktu yang cukup lama, mengakibatkan air sungai meluap dan menyebabkan banjir setinggi dada orang dewasa.

“Hari ini ada beberapa titik banjir yang diakibatkan hujan deras kemarin da nada 3 titik, sekarang di Bangsalsari dan 2 titik ada di Semboro,” kata Bupati Hendy Siswanto.

Bupati Hendy juga menyampaikan, ia telah meminta pengasuh pondok pesantren untuk mengurangi lahan pondok pesantren sehingga sungai bisa lebih lebar lagi.

“Dan Alhamdulillah pengasuh barusan sudah bersedia mewakafkan sehingga sungai bisa lebih lebar lagi, sehingga apabila arus sungai besar tidak sampai meluap lagi, ke depan kemungkinan intensitas hujan masih tinggi, sehingga berpotensi pada debit sungai yang meningkat,” ungkap Bupati Hendy.

Bupati Hendy juga menjelaskan, alur sungai memiliki beberapa tikungan yang cukup tajam sehingga berbahaya apabila sungainya sempit.

Untuk normalisasi akan didiskusikan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk pengerukan.

Dia mengimbau warga untuk tetap hati-hati dan waspada terhadap potensi bencana.

“Anak-anaknya dijaga, jangan boleh main ke sungai dulu, khawatir arus sungai mendadak besar,” pesannya kepada warga Jember. (ris)