Bupati Gresik Launching Transportasi Darat dan Laut di Bawean, Khusus Warga Bawean Gratis 1 Bulan

Reporter : Miftahul Faiz - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Gresik–Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dan Wabup Gresik Aminatun Habibah beserta Forkopimda berkunjung ke Bawean. Bupati meresmikan armada bus transportasi darat dan kapal transportasi laut untuk penyebarangan ke Gili Noko. 

BACA JUGA :  Pj Bupati Sidoarjo : Pers Adalah Pahlawan Perang Melawan Hoaks Covid-19

Dalam sambutannya, Bupati Gresik yang akrab disapa Gus Yani melihat banyak budaya dan wisata alam di Pulau Bawean. Peresmian transportasi darat dan laut ini diharapkan bisa mengembangkan wisata dan meningkatkan ekonomi di Pulau Bawean. 

“Kita kenalkan UMKM dan wisata di Pulau Bawean. Di sini ada sinergitas antara pemerintah dan masyarakat,” katanya, Selasa (8/6/2021). 

Gus Yani menjelaskan, dua unit bus Damri dan satu perahu perintis penyebarangan Gili Noko ini suatu komitmen Pemda Gresik untuk kemajuan Pulau Bawean. 

“Dengan ini tidak ada sentrlalisasi lagi, tidak ada kebijakan yang dirasakan dan diberikan di daratan lagi, tapi juga sampai bentuk pelayanan juga harus diberikan kepada masyarakat Bawean. Harus ada tindak lanjut, setelah dilaunching jangan sampai berhenti,” paparnya. 

Di samping itu, dengan tambahan armada di sektor darat dan laut ini bisa memudahkan wisatawan yang berkunjung ke Pulau Bawean. 

“Nanti perahu dan bus juga bisa dinaiki oleh wisatawan dan beberapa komunitas yang berkunjung ke Pulau Bawean,” jelasnya. 

Lanjut Gus Yani, pihaknya berharap Bawean ini lebih maju dan banyak didengar di kanca Nasional.

“Tentunya kami juga menghimbau kepada para pihak desa dan kecamatan untuk bisa melestarikan budaya Bawean dan kebersihan wisata Bawean,” ujarnya. 

Bus tersebut, selama satu bulan ke depan baik armada darat maupun laut akan digratiskam untuk masyarakat Bawean. Setelah itu akan ada tarif tertentu. Sedangkan perahu akan dikelola oleh pihak Desa BUMDes Sidogedungbatu. (adv)