Bupati Gresik : Kami Tidak Pernah Izinkan Bioskop Buka, Sekarang Juga Kami Tutup

Reporter : Miftahul Faiz - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Gresik – Informasi tentang bioskop CGV Icon Mall yang nekat buka di masa pandemi sampai ke telinga Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto. Dia mengaku terkejut dengan informasi tersebut dan memerintahkan Satpol PP Kabupaten Gresik untuk membubarkan pertunjukan bioskop dan menutup operasinya.

BACA JUGA :  OK OC Ina Makmur Dukung Pengembangan UMKM di Banyuwangi

“Sekarang juga kami perintahkan Satpol PP untuk membubarkan pertunjukan yang masih berlangsung. Selanjutnya kami instruksikan Satpol PP dan Dinas Pariwisata Kebudayaan untuk menutup operasional bioksop sampai ada kebijakan lebih lanjut,” kata Bupati Sambari Halim Radianto saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Sabtu (19/12/2020).

Dijlaskan, sesuai Perbup 22/2020 tentang masa transisi new normal masa pandemi, ada pembatasan kegiatan masyarakat yang berpotensi menimbulkan kerumunan serta berpotensi menjadi klaster penularan Covid-19 . Gedung bioskop menjadi salahsatu kegiatan masyarakat yang rawan terjadi penularan. Sehingga, pihaknya  tidak sembarangan mengeluarkan izin sebelum ada evaluasi ketat tentang potensi bahaya penularan.

“Jadi untuk soal bioskop ini, saya tidak menebritkan izin untuk buka operasi, sehingga hari ini juga saya perintahkan Satpol PP dan Satgas Covid untuk menutupnya,” jelas Bupati Sambari.  

Sebelumnya diberitakan CGV Cineplex yang ada di Lantai 3 Icon Mall Jl Dr Wahidin Sudirohusodo, Kecamatan Kebomas  mulai membuka layarnya pada Sabtu (19/12/2020) siang.  Dalam pertunjukan Sabtu siang pukul 11.30 banyak pengunjung yang antre masuk ke dalam gedung bioskop.

Pemandangan tersebut kontradiktif dengan suasana di sejumlah sakit di Kabupaten Gresik. Sejak sepekan ini, sejumlah rumah sakit kewalahan menerima pasien sucpect maupun terkonfirmasi positif Covid-19. Itu terlihat di RSUD Ibnu Sina yang lokasinya persis berhadapan dengan CGV Cineplex Icon Mall, arus pasien yang masuk melalui IGD RSUD Ibnu Sina cukup banyak. Bahkan beberapa hari ini kewalahan karena pasien yang masuk tidak sebanding dengan jumlah ruang rawat dan tenaga medis yang ada di rumah sakit.

Dalam pengamatan Klikjatim.Com,  di area CGV Cineplex yang ada di lantai 3 Icon Mall, terlihat ada antrean pengunjung yang hendak masuk ke dalam bioskop tersebut. Mereka hanya mengenakan masker tanpa faceshield. Memang sebelum masuk, pengunjung harus melalui pemeriksaan suhu badan oleh petugas bioskop kemudian menerima usapan handsanitizer yang disediakan di depan akses masuk. Selanjutnya para pengunjung   diarahkan masuk ke dalam gedung. (hen)