Bupati Faida Antar Sendiri Daging Kurban ke Warganya yang Membutuhkan

Reporter : Abdus Syukur - klikjatim.com

Seorang warga Jember berusia lanjut tersenyum saat menerima daging kurban dalam besek yang diserahkan Bupati Jember, dr Faida MMR.

KLIKJATIM.Com | Jember – Bupati Jember dr Faida MMR mengantarkan sejumlah daging hewan kurban ke rumah-rumah warganya yang membutuhkan. Warga yang menerima daging kurban ini menjadikan momen perayaan Hari Raya Idul Adha tahun ini istimewa karena mereka disambangi bupati sekaligus mendapatkan daging kurban.

BACA JUGA :  Kakek Bejat, Gauli Anak Tiri Puluhan Kali Hingga Hamil

“Mudah-mudahan di Hari Idul Adha ini menjadi semangat gotong royong buat kita semua dan menjadikan Kabupaten Jember rukun,” ujar bupati kepada warga.

Kepada warga yang ditemuinya, Bupati mengajak untuk tetap jaga diri. Situasi yang masih pandemi, tidak boleh meremehkan masalah korona. “Kalau keluar rumah, jangan lupa pakai masker. Datang dari perjalanan langsung cuci tangan, tetap jaga jarak, jangan bergerombol, jangan salaman dulu walaupun sama saudara ataupun teman akrab,” sebut dr Faida.

Bupati Faida menjelaskan, tahun ini Pemkab Jember menyembelih lima ekor sapi. Penyembelihan dilakukan di bagian belakang kantor Pemkab Jember. Sejumlah pihak terlibat dalam pemotongan itu. Seperti Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, Bagian Kesejahteraan Rakyat, Bagian Umum, Bagian Ketahanan Pangan, dan Satpol-PP.

Setelah disembelih, daging dikemas dengan besek. Yakni wadah yang terbuat dari anyaman bambu. Pemakaian besek ini sebagai bagian gerakan ramah lingkungan. “Besek ini dipesan dari UMKM Kecamatan Tanggul, agar bisa memberdayakan ekonomi rakyat di Jember,” ungkap bupati.

BACA JUGA :  ABK KM Awu Jalani Karantina di Perairan Tanjung Perak

Setiap besek memuat 0,5 kg daging sapi. Ada sekitar 2.000 besek daging qurban yang dibagikan oleh perempuan yang pertama menjadi Bupati Jember ini. Wilayah pembagian ke sejumlah kecamatan. Seperti Kecamatan Kaliwates, Tanggul, Sukorambi, Jelbuk, Panti, dan Silo.

Terpisah, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, Nana Suminarsih, menjelaskan sebelum lima ekor sapi disembelih, dokter hewan sudah memeriksa kesehatannya. “Setelah dipotong, hewan tersebut kemudian diperiksa hatinya. Ada penyakitnya atau tidak,” jelasnya.

Salah satu warga penerima daging Qurban, Jumaena, mengucapkan banyak banyak terima kasih kepada Bupati Jember yang telah mengantarkan sendiri daging qurban kepadanya. “Terima kasih Ibu Bupati Faida. Semoga bermanfaat buat saya dan keluarga saya,” katanya. (hen)