Bukan Hanya Warna, Simak Perbedaan Manfaat Buah Naga Merah dan Putih Beserta Penjelasannya

Reporter : Redaksi - klikjatim

KLIKJATIM.Com | Tahukah Anda bahwa buah naga termasuk ke dalam keluarga kaktus? Berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah, buah naga saat ini sudah banyak dibudidayakan di berbagai negara tropis seperti Indonesia. Buah ini memiliki jenis berbeda, yaitu naga merah dan naga putih. Kandungan buahnya kaya akan vitamin C, antioksidan, dan serat.

Tidak hanya warna yang berbeda, manfaat dari kedua jenis buah naga pun memiliki perbedaan. Berikut penjelasan lengkap mengenai perbedaan manfaat dari buah naga merah dan putih, dilansir dari JawaPos.com :

Buah Naga Merah

1. Memperkuat Sistem Imun

Buah naga merah kaya akan karotenoid dan vitamin C yang meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh. Sel darah putih memiliki peran penting untuk menghasilkan antibodi dan antibodi bertugas melawan penyakit yang disebabkan virus, bakteri, parasit dan jamur.

2. Menjaga Kesehatan Usus

Buah ini mengandung prebiotik yang berfungsi untuk meningkatkan keseimbangan bakteri baik dalam usus. Bakteri baik tersebut membantu penyerapan nutrisi, mencegah diare dan sembelit, serta meningkatkan kesehatan pencernaan secara menyeluruh.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Dengan kandungan vitamin C yang tinggi, buah naga merah dapat menjaga kesehatan kulit. Seperti yang diketahui, vitamin C bermanfaat untuk mencerahkan kulit, menghaluskan tekstur, mengurangi hiperpigmentasi, dan meningkatkan elastisitas kulit.

Buah Naga Putih

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah naga putih mengandung prebiotik yang berperan dalam meningkatkan jumlah bakteri baik di usus guna mencegah sembelit. Selain itu, terkandung pula serat yang diketahui sebagai salah satu jenis karbohidrat untuk melancarkan sistem pencernaan.

2. Melindungi Sel Tubuh dari Kerusakan

Dalam buah naga putih terkandung antioksidan seperti flavonoid dan betasianin yang membantu tubuh untuk melawan radikal bebas, yaitu zat berbahaya yang menjadi pemicu munculnya tanda penuaan dini dan penyakit kanker.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengonsumsi buah naga putih secara rutin dapat mencegah penumpukkan kolesterol jahat sehingga menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Berkat kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi, buah naga putih bermanfaat untuk memperkuat sistem imun atau kekebalan tubuh guna melawan penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, parasit, dan jamur.

5. Menjaga Berat Badan Ideal

Buah naga putih cocok dikonsumsi orang yang sedang menjalani program diet karena kandungan kalori dan lemaknya yang rendah. Buah ini juga menimbulkan rasa kenyang yang bertahan lebih lama sehingga mencegah makan berlebihan karena kandungan seratnya yang tinggi.