BPBD Tulungagung Memastikan Banjir Ancar di Campurdarat Sudah Surut

Reporter : Iman - klikjatim.com

Gambar tangkapan layar yang memperlihatkan banjir ancar di Tulungagung beredar di media sosial

KLIKJATIM.Com | Tulungagung – Sebuah video yang diposting warga Tulungagung menjadi perbincangan warganet karena menggambarkan suasana banjir ancar pada Selasa (23/11) menjelang petang kemarin. Video berdurasi singkat yang diunggah oleh warganet asal kecamatan Campurdarat.

BACA JUGA :  Persiapan Salat Tarawih, Puluhan Musala Disemprot Disinfektan

Dalam video tersebut, pengunggah menggambarkan banjir ancar berupa air bercampur lumpur yang terjadi di sekitar rumahnya,banjir ini dipicu hujan deras yang terjadi di sekitar kecamatan Campurdarat dan wilayah hutan Cerme yang tak jauh dari lokasi tersebut.

Dikonfirmasi mengenai hal ini,Kepala Pelaksana BPBD Tulungagung,Soeroto mengatakan, video tersebut diambil di desa Gamping kecamatan Campurdarat Tulungagung pada Selasa (23/11) saat hujan deras melanda wilayah tersebut.

“Itu biasa seperti itu mas,banjirnya hanya beberaapa jam kemudian langsung surut,”jelasnya.

Namun banjir ancar langsung surut beberapa jam setelah hujan reda.

Soeroto menjelaskan, banjir ancar di lokasi tersebut berasal dari lereng hutan Cerme yang sudah gundul,sehingga ketika hujan datang, air bercampur lumpur turun ke bawah dan menuju ke jalan serta lokasi pemukiman warga sekitar.

“Hutan cerme diatasnya itukan sudah gundul, makanya air bercampur tanah lumpur turun ke bawah, warnanya kayak gitu,”ucapnya.

Soeroto memastikan hingga saat ini tidak ada laporan korban jiwa maupun kerugian material, pihaknya berharap masyarakat yang beraktifitas di sekitar lokasi agar lebih berhati hati..

Setelah banjir selesai, petugas bersama masyarakat bersama sama membersihkan sisa lumpur yang ada di jalan, mengantisipasi pengguna jalan yang terpeleset saat melintas di lokasi tersebut.

“Setelahnya masyarakat dan petugas yang membersihkan sisa lumpur, antisipasi kalau ada orang lewat agar tidak terpeleset,” pungkasnya. (rtn)