BMKG Malang Optimalkan Mitigasi Daerah Rawan Bencana Gempa dan Tsunami

Reporter : Aries Wahyudianto - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Malang –  Ancaman potensi gempa dan tsunami di wilayah Kabupaten Malang diantisipasi Badan Metrologi Geofisika dan Klimatologi (BMKG) Statisun Geofisika Malang. Mereka sedang menyiapkan sejumlah langkah mitigasi bencana menyusul ada potensi gempa bumi berkekuatan 8,7 SR yang akan melanda wilayah selatan Jawa. 

BACA JUGA :  Dorong Pengembangan Bawean, Pak Qosim Kenalkan Wisata Baru Beto Cellong di Tanjungori Tambak

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Karangkates Malang, Ma’muri membenarkan. Pihaknya mengajak pihak pemerintah daerah dan masyarakat untuk mitigasi bencana. “Kita menyiapkan mitigasi itu sebaiknya persiapan mitigasi adalah pada potensi yang paling buruk, sehingga terjadi yang tidak seburuk itu kita sudah siap,” ujar Ma’muri.

Dalam hal ini BMKG menyarankan agar konstruksi bangunan rumah-rumah warga agar sesusai dengan standar rumah tahan gempa. Selanjutnya BMKG Karangkates Malang juga menggandeng BPBD Kabupaten Malang untuk melakukan pendidikan mitigasi bencana.

“Ada kegiatan- kegiatan sosialisasi, nanti rencananya tgl 8-9 Juni 2021 ada sekolah lapang gempa bumi, artinya memberi edukasi untuk warga di pesisir pantai,” terangnya.

“Rencananya di Desa Tambakrejo, itu kayak semacam memberi wawasan apa sih gempa bumi dan tsunami. Lalu bagaimana dan apa yang harus kita lakukan ketika ada tsunami,” sambungnya.BMKG dan BPBD Malang juga akan mengadakan agenda BMKG Goest To School. Untuk waktunya setelah bulan Agustus 2021 nanti.

BMKG dan juga akan melakukan susur jalur evakuasi tsunami. Yakni mencoba mensinkronkan jalur evakuasi yang sudah ada dengan waktu tiba gelombang tsunami yang sesuai dengan permodelan BMKG. “Itu kira-kira waktu amannya (evakuasi) dengan waktu tibanya tsunami itu seperti apa. Cocok gak atau cukup gak,” tambahnya.

BMKG saat ini juga sedang menggalakkan evakuasi mandiri. Sehingga masyarakat ketika ada gempa bumi atau tsunami, punya inisiatif mengevakuasi diri. (ris)