Blaaarrrrr… Tabung Gas Mbledos Rumah Warga Sidoarjo ini Berantakan

Reporter : Satria Nugraha - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Sidoarjo – Sebuah rumah di Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo berantakan akibat ledakan tabung gas elpiji, Rabu (3/3/2021)  siang. Ledakan tabung gas elpiji tiga kilogram ini menimpa rumah Abdul Jalil (52), Warga Desa Kepatian RT 03 RW 02, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo. Tidak ada korban jiwa, namun  Abdul Jalil, istrinya, dan dua anak perempuannya mengalami luka bakar di bagian kaki. Korban kemudian dibawa ke RS Siti Fatimah Tulangan.

BACA JUGA :  Menkes Target Vaksinasi Untuk Nakes Selesai Akhir Februari

Menurut keterangan sejumlah saksi, peristiwa ledakan itu terjadi sekitar pukul 12.50 WIB ketika korban berada di dalam rumah. Sementara dua anaknya bersama istrinya berada di luar rumah. Ketika itu pintu rumah dalam kondisi tertutup kemudian salah satu anak korban membuka pintu rumah dan masuk ke rumah.

Kapolsek Tulangan AKP Anak Agung Gede Putra menjelaskan, sekitar sekitar pukul 13.00 WIB, terdengar suara ledakan. Warga sekitar kemudian mendatangi lokasi dan melihat kondisi rumah. “Rupanya ada tabung elpiji tiga kilogram yang berada di dalam kamar mandi sedang mengeluarkan api,” kata kapolsek.

Warga selanjutnya memberikan pertolongan dan memadamkan api. Saat api padam, warga langsung membawa tabung gas warna hijau itu keluar rumah. Tidak lama kemudian polisi ke lokasi kejadian. Sementara korban Abdul Jalil dan anak istrinya dilarikan  ke RS Siti Fatimah Tulangan.  “Kami mendatangi lokasi dan menggelar olah TKP. Satu tabung gas elpiji juga sudah kami amankan sebagai barang bukti,” kata Agung.

Warga sekitar mengatakan, ledakan tersebut terjadi saat korban sedang memasak kacang hijau sebagai bahan berjualan angsle. Warga menduga tabung gas yang digunakan untuk memasak bocor. Di sisi lain, rumah korban juga porak poranda. Bagian atap rusak parah, dan kondisi rumah berantakan.

Sementara itu, Abdul Jalil mengatakan, semula tabung LPG yang berada di dapur bocor dan menimbulkan bau menyengat. Olehnya, tabung LPG tersebut lalu dibawa ke kamar mandi agar aman. Namun tetap saja bocor.

Korban lalu menyuruh anak dan istrinya keluar ke teras rumah. Sementara ia tetap berada dalam rumah dengan posisi pintu tertutup. Kemudian anak korban ada yang membuka pintu dan berniat mengambil handphone yang berada di dalam rumah. Saat itulah terjadi ledakan.(hen)