Beredar di Medsos Ponorogo Zona Hitam Covid-19 Begini Penjelasannya

Reporter : Fauzy Ahmad-klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Ponorogo—Sebuah foto beredar menunjukkan Kabupaten Ponorogo masuk zona hitam dan zona merah covid-19. Namun, foto tersebut langsung dibantah Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo.

BACA JUGA :  Telkomsel Akan Jadi Operator 5G Pertama di Indonesia

Kepala Dinkes Ponorogo drg.Heni Lestari menjelaskan, maksud zona hitam dalam gambar tersebut adalah bor ICU dan bor ruang isolasi.  

“Jadi bor itu tingkat hunian untuk kasus ICU, tingkat hunian ruang isolasi di rumah sakit rujukan,” ujar drg Heni setelah rapat percepatan vaksin. 

Dia mengaku bahwa ICU di Rumah Sakit (RS) Ponorogo memang tidak banyak. Saat ini posisinya memang hampir terisi semua. Sehingga prosentasenya terlihat tinggi.

Sementara, di foto bor isolasi bertuliskan merah. Itu menandakan bahwa ruang isolasi di Kabupaten Ponoroto hampir terisi semua. Di ruang isolasi, kata dia, tidak semua hasil positif. 

“Ada juga kasus suspek yang menunggu hasil. Belum tentu yg suspek hasilnya positif bisa juga nanti setelah 2 kali swab negatif akan dipindahkan ke ruang biasa,” terangnya. 

Heni mengaku ruang isolasi di RS Ponorogo yang rujukan kurang lebih ada 85 orang. Dengan yang positif ada 50 orang dan suspek ada 35 orang. 

“Saya tegaskan bahwa Ponorogo berdasarkan BNPB masih zona oranye. Walaupu  sudah diambang resiko sedang paling rendah, ” tambahnya. 

“Ada saja peningkatannya. Baik itu yang terkonfirmasi positif maupun yang meninggal dunia,” pungkasnya. (mkr)