Belasan Kambing Mati Misterius di Tegaldlimo Banyuwangi, Diduga Dimangsa Hewan Buas

Reporter : Apriliana Devitasari - klikjatim.com

Seekor kambing milik warga Kaliwatu, Tegaldlimo Banyuwangi tergeletak dengan organ keluar seperti dimangsa hewan buas

KLIKJATIM.Com | Banyuwangi – Warga Dusun Kaliwatu, Desa Kedungsari, Kecamatan Tegaldlimo digegerkan dengan temuan kambing peliharaan yang mati mendadak. Sejumlah kambing itu mati dengan ciri-ciri yang misterius. Sekujur tubuhnya penuh luka dan sayatan layaknya diterkam binatang buas. Ada juga, bagian dan organ tubuh kambing yang hilang.

BACA JUGA :  Belum Setahun Operasi, Kapal BSJ Merugi Berlayar di Gresik

Hingga kini warga masih belum mengetahui penyebab pasti kematian kambing di wilayah mereka. Namun ada tanda-tanda lain bekas cakaran kuku binatang di beberapa titik kandang. Cakar itu berukuran cukup besar.

Menurut Yusuf, pemilik ternak warga Kaliwatu, Kedungsari, Tegaldlimo Banyuwangi,  dia baru mengetahui kambingnya mati ketika hendak memberi pakan. Tiba ada beberapa kambing yang tergeletak dalam kondisi mati. “Ya khawatir, karena takut ada kejadian terulang lagi,” katanya.

Melihat kondisi lokasi dan kandang ternak warga ini memang berada di pinggiran hutan. Ada kemungkinan, ternak warga diserang hewan buas yang keluar dari hutan mencari mangsa di lingkungan warga. Menurutny, kambing miliknya tidak sekali ini mati misterius. “Ini sudah ketiga kalinya kejadian serupa,” ungkap Yusuf, Senin (31/5/2021).

Kali ini, kata Yusuf, ada 5 kambingnya yang mati dengan kondisi mengenaskan. Terdapat luka di beberapa bagian seperti diserang hewan buas. “Seperti dilumpuhkan atau dimatikan dulu baru dimakan. Tapi tidak semua, hanya terlihat beberapa organ yang hilang,” terangnya.

Kondisi lokasi kandang memang dekat dengan area hutan. Sehingga kemungkinkan besar ada hewan pemangsa yang keluar. Selain lima kambing yang mati ada beberapa ekor lain yang terluka. (ris)