Begini Detik-detik Longsor di Tugurejo Ponorogo

Reporter : Fauzy Ahmad-klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Ponorogo -Longsor yang terjadi di Dusun Tugunongko, Desa Tugurejo, Kecamatan Ponorogo meninggalkan trauma tersendiri bagi warga setempat. Karena setidaknya longsor yang membuat 12 kk atau 31 warga diungsikan.

[irp]

Salah satu warga, Wasidi (48) menceritakan longsor pada Jumat (18/11/2021) malam sekitar pukul 23.00 wib. Awalnya mendengar suara mengglegar di sekitar rumahnya

“Tak kira suara apa, ternyata itu suara dibelakang rumah, sudah terang semua. Tapi pohon-pohon sekitar rumah sudah ndak ada, ” jelasnya.

Seketika itu, dia lari ke dalam rumah. Saat itu belum berpikir untuk mengungsi. Namun anak dan istrinya menarik keluar rumah untuk mengungsi

“Rupanya tetangganya juga sudah tidak ada. Sudah mengungsi ke tempat yang aman. Saya sama keluarga mengungsi di rumah tetangga beda rt, ” tambahnya.

Dia menerangkan sebelum terjadi longsor hujan deras disertai petir terjadi dari siang. Disusul padam listrik di lokasi.

“Saat meninggalkan rumah tidak membawa batang berharga. Saya pokoknya pindah saja. Panik sampai sekarang panik kalau ada hujan, ” bebernya.

Sementara, Destana Desa Tugurejo menjelaskan semua yang mengungsi telah terdata. Mereka mendapat suplay makanan dari desa, Dinas Sosial maupun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ponorogo

“Tapi berupa bahan ya. Jadi yangmasak masyarakat sekitar, yang terdampak, gotong royong, tidur sini juga,” pungkasnya. (bro)