Bayi Lahir di Bus, ‘Pak Sopir Ada Orang Melahirkan, Tolong Berhenti Dulu’

Reporter : M Nur Afifullah - klikjatim.com

Tenaga medis di Puskesmas Baureno menggendong bayi yang lahir di dalam bus. (ist)

KLIKJATIM.Com | Bojonegoro—Siti Wijayanti (28) asal Desa Jemaan, Kecamatan Singgahan, Tuban melahirkan bayinya di bus jurusan Bojonegoro-Bungurasih Surabaya. Beruntung bayi beserta ibunya berhasil diselamatkan.

Abdul Wahid, sopir bus Bintang Mas mengatakan, peristiwa lahiran seorang ibu itu terjadi sekira pukul 10.30. Saat itu bus yang terakhir berhenti di terminal Bungurasih sedang melaju di sekitar wilayah Kecamatan Baureno, Bojonegoro. Tiba-tiba, seorang penumpang memintanya berhenti lantaran ada orang mau melahirkan.

BACA JUGA :  Ajak Koalisi, Ketua PKB dan Gerindra Gresik Berebut Rekom PPP

“Pak sopir ada orang melahirkan, tolong berhenti dulu,” kata Abdul Wahid menirukan penumpangnya yang meminta agar berhenti, Selasa (30/6/2020).

Mendengar permintaan para penumpang, Abdul Wahid langsung mengurangi kecepatn bus yang dikendarainya. Wahid mengaku agak panik, namun dia tetap menjalankan busnya dan mencari tempat pemberhentian yang tepat tak jauh dari Puskesmas Baereno.

Bayi yang lahir langsung dievakuasi menuju Puskesmas Baureno. (ist)

Menurunya, saat itu jalanan sangat ramai dan padat, sehingga untuk mencari jalur dan berhenti saja susah, akhirnya saat berhenti, langsung memberikan pertolongan kepada ibu dan bayi dengan peralatan seadanya.

“Setelah bus saya berhentikan kurang lebih sekitar pukul 10.30 WIB, lalu saya bawa handuk dan alat seadanya untuk memberikan pertolongan, selanjutnya saya bawa ke Puskesmas Baureno,” terangnya.

BACA JUGA :  Imbauan Diabaikan, Oknum Guru Olahraga di Kota Pasuruan Main Hajar Belasan Siswa

Ditambahkan Abdul Wahid, usai dibawanya ke puskesmas, bayi dan ibunya dipastikan dalam kondisi sehat.

“Alhamdulillah, bayi dan ibu selamat dan sehat,” ujarnya. (mkr)