Bawaslu Temukan Dugaan Anggota Parpol di PPS Gresik, KPU Disurati Menjelang Pelantikan

Reporter : Koinul Mistono - klikjatim.com

Ketua Bawaslu Gresik, Moch. Imron Rosyadi. (ist)

KLIKJATIM.Com | Gresik – Adanya dugaan anggota partai politik (parpol) yang lolos seleksi Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dan mengikuti pelantikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gresik, telah menjadi temuan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat. Hasil temuan tersebut juga sudah disampaikan secara resmi dengan surat kepada KPU menjelang pelantikan hari ini, Selasa (24/1/2023).

“Dari hasil pemantauan yang kami temukan sudah disampaikan kepada KPU melalui koordinasi WhatsApp (WA), juga secara resmi dengan bersurat. Suratnya sudah kami kirimkan tadi pagi,” kata Ketua Bawaslu Gresik, Moch. Imron Rosyadi kepada klikjatim.com.

Menurutnya, temuan ini sesuai hasil pemantauan tim di bawah terkait proses seleksi PPS pada Pemilu 2024 oleh KPU.

Bawaslu juga melakukan pengecekan pada Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Dan hasilnya ditemukan dugaan terkait adanya anggota parpol yang lolos dalam seleksi keanggotaan PPS.

“Nanti akan kami cek lagi dan koordinasikan dengan Panwascam setempat terkait informasi (dugaan pengurus parpol) di Kecamatan Dukun itu. Kami pun berharap adanya informasi dan kerjasama dari masyarakat, apabila ada informasi terkait dugaan pelanggaran pemilu untuk disampaikan kepada kami agar bisa ditindaklanjuti,” imbuhnya.

Selanjutnya, Imron menegaskan bahwa pihaknya saat ini masih menunggu jawaban resmi dari KPU Gresik atas temuannya tersebut. “Sekarang kami masih menunggu seperti apa jawaban KPU,” tambahnya.

Terpisah, Komisioner KPU Gresik Devisi Sosialisasi dan SDM, Makmun saat dikonfirmasi terkait surat Bawaslu belum merespon. Pesan WhatsApp (WA) dari redaksi klikjatim.com yang dikirim belum ada jawaban hingga berita ini dituliskan. (nul)