Batik Tulis Kerajinan Masyarakat Pamekasan Akan Dipromosikan di Ajang Miss Universe 2021

Reporter : Redaksi - klikjatim

Batik Tulis Kerajinan Masyarakat Pamekasan Akan Dipromosikan di Ajang Miss Universe 2021. (ist/www.antaranews.com)

KLIKJATIM.Com | Pamekasan – Momen ajang kontes kecantikan sedunia/Miss Universe 2021 telah dimanfaatkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan untuk promosi batik tulis. Caranya dengan menjadikan batik yang merupakan hasil kerajinan masyarakat setempat itu, sebagai gaun untuk Putri Indonesia 2020 di ajang tersebut.

BACA JUGA :  Minus 4 Derajat, Hilal Tidak Terlihat di Bukit Condrodipo Gresik

“Kami sudah bertemu langsung dengan Putri Indonesia 2020 R.R. Ayu Maulida dan yang bersangkutan bersedia menggunakan batik tulis hasil kerajinan masyarakat Pamekasan,” kata Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam di Pamekasan, Rabu seperti dilansir www.antaranews.com.

Pada tanggal 27 Maret 2021 lalu, Putri Indonesia R.R. Ayu Maulida sempat datang ke Pamekasan bersama Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Timur, Arumi Bachsin. Nah, saat itulah R.R. Ayu Maulida menyatakan kesediaannya mengenakan batik tulis Pamekasan di ajang itu. Bahkan yang bersangkutan turut mengikuti acara peluncuran “Batik Pamekasan Go Internasional”.

Menurut Bupati, batik tulis yang akan digunakan Putri Indonesia itu adalah batik tulis hasil kerajinan warga Desa Toket, Kecamatan Proppo, Pamekasan. Kerajinan batik ini dikenal dengan masyarakat Pamekasan dengan sebutan “Batik Toket”.

Alasan Putri Indonesia tertarik menggunakan batik Pamekasan di ajang kontes kecantikan para putri dari berbagai negara di dunia, karena sudah mengetahui secara langsung tentang kualitas dan keindahan batik tulis Pamekasan. Dirinya mengaku awalnya tidak menyangka, bahwa Pamekasan memiliki potensi batik yang luar biasa, dan kualitasnya juga tidak kalah dengan batik tulis dari daerah lain di Indonesia.

“Dia bilang, saya sangat bangga sekali dan Pamekasan ini merupakan salah satu kekayaan dari Indonesia dan batik Pamekasan ini sangat bagus,” ujar Baddrut Tamam, saat menirukan pernyataan Putri Indonesia R.R. Ayu Maulida ketika datang ke Pamekasan waktu itu.

Dikatakan, Putri Indonesia yang mengaku berasal dari Jawa Timur itu lebih lanjut mengemukakan, dirinya memiliki tugas serta tanggung jawab besar dalam melestarikan kekayaan Indonesia. Salah satunya batik Pamekasan agar bisa menjadi inspirasi wanita di Indonesia dan dikenal di seluruh dunia.

Sehingga “Ayuma” sapan karib R.R. Ayu Maulida pun menyanggupi, selain akan memperkenalkan batik tulis Pamekasan secara khusus di ajang internasional, juga akan membawa beberapa suvernir dari Jawa Timur untuk dibagikan kepada puteri-puteri cantik dari 90 negara di dunia yang hadir di ajang pencarian Ratu Tercantik Sejagad itu pada 16 Mei 2021. “Dari Pemkab Pamekasan juga akan memberikan semacam selendang kecil atau syal untuk dibagikan kepada seluruh peserta yang akan kita buat khusus. Saya akan berusaha dan beberapa pilihan warna akan kami siapkan,” ujar bupati.

Baddrut menerangkan, upaya mempromosikan batik tulis hasil kerajinan masyarakat Pamekasan di kancah internasional, agar batik tulis Pamekasan lebih dikenal luas oleh masyarakat. Padahal selama ini batik tulis Pamekasan banyak memasok ke luar negeri seperti Malaysia, Brunai Darussalam, dan beberapa negara lainnya di Asia.

Perlu diketahui, Kabupaten Pamekasan termasuk salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki komitmen pengembangan usaha batik. Bahkan semua kendaraan dinas milik Pemkab Pamekasan dibranding batik tulis Pamekasan sebagai upaya untuk membantu perajin batik mempromosikan hasil kerajinan mereka. (*/nul)