Baru 14 Persen Masyarakat Lamongan Yang Divaksin Dosis Kedua

Reporter : Abdul Aziz Qomar - klikjatim.com

Vaksinasi pelajar di Lamongan

KLIKJATIM.Com | Lamongan — Pemkab Lamongan berkeinginan menggenjot progres vaksinasi untuk warganya agar herd immunity segera terbentuk. Untuk itu Pemkab menargetkan 70 persen warganya segera tuntas mendapatkan vaksin dosis satu.

BACA JUGA :  Jemput Bola, Polresta Sidoarjo Gelar Vaksinasi Bagi Pengunjung Mal

Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Lamongan (Prokopimkab) Arif Bakhtiar menyampaikan, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi terus memantau progres vaksinasi.

Dijelaskan olehnya, sampai dengan 13 September 2021 kemarin, dari total sasaran vaksinasi sebanyak 1.063.543 orang di Kabupaten Lamongan, 38,97% telah menerima dosis pertama, dan 14,28% menerima dosis kedua.

“Untuk kelompok tenaga kesehatan sudah menuntaskan vaksinasi dosis pertama dan kedua. Sedangkan untuk dosis ketiga sudah mencapai 83,57 %,” beber Arif.

Kemudian sektor pelayan publik dan tenaga pendidikan sudah menuntaskan dosis pertama dan 87,56 % untuk dosis kedua.

“Kemudian sebanyak 21,53 % lansia sudah disuntik dosis pertama dan 14,28 % untuk dosis kedua,” ungkapnya.

Sementara untuk kelompok masyarakat umum dan rentan, 32% sudah divaksin dosis pertama dan 9,42 % dosis kedua.

Adapun capaian kelompok remaja, saat ini juga sudah cukup tinggi. Sebanyak 61,68 % dosis pertama dan 6,80 % dosis kedua.

Sedangkan 81,83 % penyandang disabilitas sudah menuntaskan dosis pertamanya. Untuk ibu hamil yang sudah vaksin dosis pertama 54,22 %.

Untuk percepatan vaksinasi, pasokan dan ketersediaan vaksin sangat mempengaruhi, untuk itu menurut Arif, saat ini Pemkab intens berkoordinasi dengan pemerintah pusat agar droping vaksin disegerakan.

“Vaksin terbaik adalah vaksin yang tersedia. Dan saat ini metode terbaik untuk pengendalian pandemi selain penerapan protokol kesehatan adalah vaksinasi,” tandasnya. (bro)