Bantu Pemerintah Capai Herd Immunity, PT Indopipe Gelar Vaksinasi Gotong Royong

Reporter : Abdul Aziz Qomar - klikjatim.com

Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah saat meninjau vaksinasi gotong royong di PT Indopipe. (Abdul Aziz Qomar/klikjatim.com)

KLIKJATIM.Com | Gresik — Pabrik pipa PT Indopipe menggelar vaksinasi gotong royong (VGR) untuk karyawannya. Tak kurang dari 86 karyawan Indopipe mengikuti vaksinasi yang dibiayai perusahaan tersebut.

BACA JUGA :  Maju Pilwali Surabaya, Mantan Jubir Prabowo Tawarkan Pinjaman Tanpa Bunga

Presiden Direktur PT Indopipe, Kukuh Wira Sarjana mengungkapkan, vaksinasi yang dilakukan perusahaannya merupakan bagian dari dukungan terhadap pemerintah untuk memenuhi target vaksinasi satu juta perhari. “Program Vaksinasi Gotong Royong ini tidak akan mengganggu jalannya vaksinasi gratis yang sedang dijalankan oleh pemerintah, justru akan membantu mempercepat pencapaian target pemerintah yakni 1 juta vaksin perhari,” tutur Kukuh di sela vaksinasi, Jumat (30/7/2021).

Adapun jenis vaksin yang digunakan kali ini adalah vaksin sinopharm yang dipesan sejak bulan Maret lalu. Jumlah dosis yang disediakan mencakup dua kali suntikan untuk 86 pekerja. “Oleh karena itu sebagian karyawan kita sudah ada yang mengikuti vaksin program pemerintah, karena waktu tunggu pemesanan vaksin cukup lama,” bebernya.

Lebih lanjut, Kukuh menjelaskan, bahwa pelaksanaan program VGR ini telah memenuhi syarat sebagai pos pelayanan vaksinasi dan telah mengacu pada standar pelayanan dan standar prosedur operasional sesuai petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi. “Kami juga telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gresik, sehingga data pemberian vaksin tetap terintegrasi dengan data pemerintah,” ungkapnya.

Wakil Bupati (Wabup) Gresik, Aminatun Habibah pun mengapresiasi langkah vaksinasi gotong royong yang ditempuh Indopipe. Pasalnya hal ini akan sangat membantu pemerintah dalam percepatan pencapaian herd immunity.

“Indopipe jadi perusahaan swasta ke-lima di Gresik yang telah menjalankan vaksinasi gotong royong, tentu kita dorong terus teman-teman swasta untuk menggelar vaksinasi gotong royong ini,” tutur wanita yang akrab disapa Bu Min ini saat menyaksikan vaksinasi gotong royong di Pabrik Indopipe.

Selain itu, pihaknya terus berkomunikasi dengan perusahaan swasta di Gresik yang mampu untuk mendaftarkan karyawannya mengikuti vaksinasi gotong royong. “Sudah ada sebelas perusahaan yang mengajukan pelaksanaan vaksinasi gotong royong ke biofarma. Namun ya itu tadi, waktu tunggunya memang lama. Kita kordinasi dengan pemerintah pusat agar bisa dipercepat,” tandasnya.

Dody Heral Ardiansyah selaku tim satgas gugus tugas Covid-19 PT Indopipe memaparkan, sejak pandemi perusahaannya telah menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan ketat. Bahkan menurut penuturan Dodik, PT Indopipe menggandeng RS Petrokimia Gresik sebagai mitra rekanan jika ada karyawan yang terpapar Covid-19 yang menjalani rawat jalan, rawat inap maupun home care, telemedicine. 

“Kami juga membagikan masker dan vitamin gratis setiap bulan pada semua karyawan. Penyemprotan disinfektan periodik setiap bulan di plant produksi,” jelas Dodik. (nul)