Bangkitkan Ekonomi Kreatif Seniman, Nabasa Surabaya Gelar Pameran Seni Jelang Ramadhan

Reporter : Ahmad Hilmi Nidhomudin - klikjatim.com

Pameran lukisan yang digelar Nabasa Surabaya di Hotel Culture Varna.

KLIKJATIM.Com | Surabaya—Di tengah masa kebangkitan ekonomi akibat pandemi Covid-19, berbagai cara dilakukan oleh masyarakat dalam mengekspresikan kebahagiaan guna menyambut bulan suci ramadhan, salah satunya adalah dengan menggelar pameran lukisan. Hal ini yang akan dilakukan oleh Nawa Bhakti Satya (Nabasa) Institute.

BACA JUGA :  GU Siap Bertanding di Liga 3 2020

Nabasa Institute akan melakukan kegiatan pameran seni lukis dengan tema “Nabasa Institute   Exhibition”  di Hotel Culture Varna Jalan Tunjungan Surabaya, mulai 8 April – 8 Mei 2021.

Direktur Nabasa Institute, Drs Romadlon Sukardi, MM menjelaskan pemeran seni Nabasa Institute Exhibition selain bertujuan menyambut bulan suci Ramadhan, juga mebangkitkan kembali sektor ekonomi kreatif khususnya bidang seni dan budaya akibat pandemi covid-19.

“ Kami ingin mengajak seniman untuk bersama-sama berbahagia dalam menyambut bulan suci Ramadhan ini dengan menggelar kegiatan pemeran karya seni, agar mereka juga bisa hidup ekonominya masa pandemi Covid-19 ini,” kata Romadlon, Kamis (8/4/2021)

Pemeran Nabasa Institute exhibition bekerja sama dengan Varna Culture Hotel, Surabaya dan Fitriart menyelenggarakan  pameran lukisan selama 1 (satu) bulan di lobby hotel dari tanggal 08 April hingga 08 Mei 2021, “ Yang mana pameran tersebut akan diikuti oleh 21  peserta dari Jawa – Bali ( Surabaya, Sidoarjo, Lamongan, Kediri, Tulungagung, Purwokerto, Jogya, Bali) dan pembukaan akan dilakukan pada tanggal  08 April 2021  jam 15.00 di Lobby Varna Culture Hotel, Jl.Tunjungan No. 51, Surabaya,” tambahnya.

Romadhon Sukardi menjelaskan bahwa pameran tersebut juga bagian dari semangat ketelatenan, kesabaran, kekuatan serta ketegaran  yang mengilhami para seniman untuk tetap berkarya walaupun dalam masa pandemi Covid-19, “Yang sekarang terjadi seniman-seniman Jawa Timur tetap semangat dan tak pernah berhenti berkarya, ini bagian dari peran Nabasa dalam membangkitkan sektor ekonomi kreatif,” jelasnya.

Pameran seni lukis di gelar setiap hari. Tapi, setiap hari Sabtu-Minggu ada gelar OTS (On The Spot) gelar langsung kebolehan dari para seniman lukis yang berlokasi di trotoar Jl. Tunjungan sekitar  Varna culture Hotel.

Sungguh sangat istimewa. Bahwa, pameran lukisan ini juga sekaligus dalam rangka menyambut  Hari Kartini dan Hari Pendidikan Nasional. “Dalam momen ini kita ingin menjaga harmoni sosial dan alam dengan melestarikan kebudayaan serta lingkungan hidup adalah hal penting. Hal tersebut bisa dituangkan  meningkatkan kreatifitas seniman lukis,”  ujarnya.

“Tempat acara sengaja di taruh di Hotel Culture Varna, karena area Jalan Tunjungan saat ini adalah salah satu destinasi wisata Kota Surabaya, dengan menampilkan gedung-gedung bersejarah, saya kira sangat pas dengan rasa seni,” pungkasnya. (mkr)