Bahasa Indonesia Layak Sebagai Bahasa Ilmiah Internasional

Reporter : Redaksi - klikjatim

Anggota DPRD Surabaya dari Fraksi PDI Perjuangan Norma Yunita.

KLIKJATIM.Com | Surabaya – Deklarasi Bahasa Indonesia sebagai bahasa ilmiah internasional oleh . Forum Dewan Guru Bahasa Indonesia (FDGBI) mendapat respon positif..Anggota DPRD Surabaya Norma Yunita telah teruji sebagai bahasa pemersatu bangsa. “Tentunya akan ikut bangga bila bahasa Indonesia menjadi bahasa pergaulan dunia Internasional,” kata Yunita.

Anggota Komisi D bidang Kesra ini akan mengajak masyarakat Surabaya agar menggunakan bahasa Indonesia dalam kominikasi sehari-harinya Dan, khususnya di dunia pendidikan untuk lebih meningkatkan pemakaian bahasa Indonesia. Sebab, selama ini di sekolah-sekolah terkesan mengutamakan bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya.

“Kursus bahasa Indonesia penting, selama ini dari sekolah dasar hingga SMA masih diberikan dan diutamakan pelajaran bahasa asing seperti Inggris,” tandasnya.

Seperti kita ketahui bersama, delegasi dari 31 Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta se Asia serta 154 Guru Besar yang menjadi peserta Musyawarah International dan Seminar Forum Dewan Guru Besar Indonesia (FDGBI) IV di Surabaya di Gedung Grahadi pada Selasa (5/11/2019) yang di dampingi oleh Wagub Emil Dardak karena Gubernur yang di kabarkan mendadak ke pasuruan untuk meninjau ambruknya SDN Gentong Pasuruan.

Seminar yang dihadiri para Guru Besar tersrbut membicarakan keiinginannya mendeklarasikan dan memperjuangkan penggunaan bahasa Indonesia-Melayu sebagai bahasa ilmiah internasional agar bahasa Indonesia semakin luas digunakan oleh bangsa-bangsa lain di dunia. (nk/rtn)