Babinsa dan Bhabinkmatibmas Sumenep Evakuasi 3 Warga Isoman ke Karantina Terpusat

Reporter : Suryadi Arfa - klikjatim.com

Petugas Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta Puskesmas Giligenting Sumenep saat mengevakuasi warga yang isoman dipindah ke isolasi terpusat.

KLIKJATIM.Com | Sumenep – Anggota Babinsa Koramil  0827/23 Giligenting, Serma Triyanto bersama Bhabinkamtibmas Polsek Giligenting mendampingi petugas medus Puskesmas Giligenting mengevakuasi 3 orang pasien Isolasi Mandiri (Isoman).  Mereka dievakuasi dari rumah masing-masing ke Puskesmas Giligenting sebagai tempat isolasi terpusat.

BACA JUGA :  Terbanyak Lolos SNMPTN, Gubernur Apresiasi SMAN 2 Lamongan

Ketiga orang tersebut berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) dan bergejala ringan. Mereka tersebut berasal dari Desa Gedugan dan Desa Aenganyar Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep.

Menurut Serma Triyanto, pemindahan dilakukan dengan menggunakan mobil ambulan milik Puskesmas Giligenting dengan pengawalan Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kecamatan Giligenteng yang terpusat di Puskesmas setempat.

“Hari ini kita evakuasi 3 orang warga Desa Aenganyar dan Gedugan dengan berstatus OTG dan bergejala ringan yang saat ini sedang menjalani isolasi dan perawatan terpusat di Puskesmas,” ungkapnya.

Dijelaskan, Kodim 0827 bersama Polres Sumenep dan Pemerintah Kabupaten setempat yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 telah melakukan langkah-langkah manajemen kontijensi dalam menyikapi angka kasus aktif yang masih fluktuatif.

Dikatakan, karena angka penularan (positif rate) masih cukup tinggi. Salah satu upaya yang dilakukan dengan mengevakuasi terhadap warga terkonfirmasi COVID-19. Baik berstatus OTG maupun bergejala ringan yang masih melaksanakan isoman di rumahnya.

“Mereka kita evakuasi ke tempat isolasi dan perawatan terpusat di Puskesmas, agar treatmentnya menjadi lebih efektif dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19,” tandasnya. (ris)