Antisipasi Lonjakan Arus Mudik ke Bawean, Express Bahari Siapkan Dua Kapal Cepat

Reporter : Miftahul Faiz - klikjatim.com

Para Santri saat menuju area tunggu pelabuhan sebelum masuk ke dalam kapal. (Faiz/klikjatim.com)

KLIKJATIM.Com | Gresik — Arus mudik warga ke Pulau Bawean mulai memadati Pelabuhan Gresik. Terlihat puluhan santri dan warga telah berangkat menuju pulau terluar Kabupaten Gresik tersebut, Selasa (4/5/2021).

BACA JUGA :  Hanya Dianggarkan Rp 5 Juta, Atlet Panahan Bangkalan Beli Peralatan Sendiri

Salah pemudik, Asroh mengatakan, pihaknya baru bisa pulang karena kegiatan di pondok sudah libur sejak 21 Ramadan. “Kalau liburnya sejak kemarin Senin, tapi Senin masih belum ada kapal, ya sekarang hari Selasa,” kata santri Pondok Pesantren (Ponpes) Mambaus Sholihin Suci, Gresik. 

Tidak hanya dari kalangan santri, namun tampak pula masyarakat umum juga mudik ke Bawean. Informasi yang dihimpun, lonjakan penumpang kapal pun terjadi pada hari ini, Selasa (4/5/2021). Yaitu totalnya ada 321 penumpang atau 80% lebih dari kapasitas kapal.

Sampai-sampai pihak perusahaan kapal Express Bahari telah menyediakan dua kapal, sehingga setiap hari akan ada kapal. Yaitu dengan rute Bawean-Gresik, dan Gresik-Bawean.

Agen Tiket Kapal Express Bahari, Subki mengaku senang dengan adanya penambahan kapal tersebut. “Kini ada dua kapal cepat Express Bahari 6F dan 8E. Nanti gantian, masing-masing kapal ini dari arah Bawean dan Gresik,” ungkap mantan Anggota DPRD Gresik tersebut. 

“Insya Allah akan langsung di-launching oleh bupati tanggal 7 besok, sekaligus pelayaran perdana,” lanjutnya. 

Perlu diketahui bahwa kapasitas kapal jenis 6F ini berisi 275 penumpang. Sedangkan 8E berkapasitas 395 penumpang dengan harga yang sama. (nul)