Alhamdulillah, Nasib Pedagang Pasar Legi Ponorogo Akhirnya Dapat Kepastian Tempati Bangunan Baru

Reporter : Fauzy Ahmad-klikjatim.com

Tampak bagian dalam bangunan pasar legi yang baru. (Fauzy Ahmad/klikjatim.com)

KLIKJATIM.Com | Ponorogo – Janji Pemkab Ponorogo untuk memindah pedagang pasar legi ke bangunan baru setelah insiden kebakaran beberapa waktu silam akhirnya terjawab. Meski sempat tertunda dari rencana awal, tapi kali ini para pedagang sudah mendapat kepastian untuk menempati bangunan baru per tanggal 21 Juni nanti.

BACA JUGA :  Sistem Jemput Bola, Permudah Layanan, Mobil Pajak Keliling Bapenda Nganjuk Hadir di Kertosono

Bahkan, kabar yang sudah ditunggu-tunggu oleh para pedagang tersebut ditandai dengan syukuran sederhana di bangunan baru pada Rabu (9/6/2021). Tampak hadir dalam agenda ini di antaranya perwakilan Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Perdagkum) serta paguyuban pedagang. 

“Kami dari pedagang merasa syukur alhamdulillah bisa diresmikan dari Perdagkum. Pedagang merasa puas, nantinya Ponorogo pasar legi memberikan keberkahan kepada masyarakat, kepada pedagang bisa menikmati pasar legi yang sudah dibangun,” ujar pedagang ikan asin, Sujarni. 

Katanya, untuk perpindahan ini memang sempat molor dari rencana awal. Karena sebelumnya direncanakan pada tanggal 4 Juni 2021. Kemudian direncanakan pada bulan besar atau dzulhijjah. 

“Alhamdulillah tetap syawal. Ada kemoloran, dari pihak pemerintah meminta maaf ke pedagang, pasar ini ditata sebetul-betulnya,” katanya. 

Sehingga tidak menutup kemungkinan, semua pedagang bisa menempati untuk yang terdampak kebakaran. “Kita sebagai pedagang memaklumi apa yang didata pusat maupun dinas terkait. Kita ikut semua aturan pemerintah,” tambahnya. 

Berdasarkan arahan terkait perpindahan, untuk tahap pertama adalah pedagang lama pasar legi agar menempati dulu. Jadwal boyongannya pada tangal 21-22 Juni 2021. Setelah itu baru disusul pasar lanang atau pasar kain, eks stasiun, eks pengadilan.

Sementara salah satu pedagang di Pasar Lanang, Sundari mengakui hal yang sama. “Saya adem ayem akhirnya bisa pindah ke bangunan pasar legi yang baru,” sambungnya. 

Nanti pindahnya bertahap. Untuk pedagang dari pasar lanang diinfokan pindah pada tanggal 2-3 Juli 2021. “Nah katanya nanti semua buka pada tanggal 9 Juli. Semoga laris lancar. Semua pedagang senang dengan pindahan ini,” harap Sundari. 

Di sisi lain, Kepala Disperdagkum, Addin Andana Warih mengatakan, bahwa tasyakuran pedagang ke pasar legi ini seperti orang jawa yaitu acaranya selamatan. 

“Kami hari ini diselenggarakan di hall pasar legi. Sesuai petunjuk pimpinan dilaksanakan dengan prokes (protokol kesehatan) yang ketat hari ini sesuai perwakilan,” tegasnya.

Adapun dalam waktu dekat ini bakal ada sosialisasi per kelompok. Dengan tahapan memasukkan pedagang secara bertahap.

“Kalau dibuka secara umum tentu nanti. Setelah semua selesai. Yakni tanggal 9 juli semua dibuka untuk umum. Sehingga pembeli juga boleh masuk mulai tanggal 9 Juli. Kami butuh waktu 1 bulan untuk sosialisasi, kita harus menggunakan prokes. Sehingga sosialisasi tidak bisa bersamaan,” pungkasnya. (nul)