ALHAMDULILLAH Gresik dan Sidoarjo Masuk Level 1 Hijau Gubernur Jatim Umumkan 6 Kabupaten Level 1

Reporter : M. Shohibul Anwar - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Gresik – Kabar gembira bagi warga Kabupaten Gresik. Asesmen yang dilakukan Kemenerian Kesehatan pada 12 September 2021 menyebutkan Kabupaten Gresik masuk zona hijau atau Level 1 PPKM bersama Banyuwangi dan Sidoarjo.

BACA JUGA :  Kades Cantik Asal Lamongan Main Film Cinta-cintaan, Begini Kisahnya

Dengan demikian, wilayah level 1 Covid-19 di Jatim kini bertambah menjadi 6 daerah. Keenam daerah tersebut di antaranya adalah Kab. Sidoarjo, Kab. Pasuruan, Kab. Lamongan, Kab. Jember, Kab. Gresik dan Kab. Banyuwangi.

“Alhamdulillah, asesmen Covid-19 level 1 di Jatim bertambah menjadi 6 daerah,” ujar Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Senin (13/9/2021).

Sedangkan daerah di Jatim yang berada di level 2 terdapat 19 daerah, yakni Tuban, Sumenep, Situbondo, Sampang, Probolinggo, Pamekasan, Ngawi, Nganjuk, Malang, Madiun, Surabaya, Kota Probolinggo, Kota Pasuruan, Kota Kediri, Kota Batu, Kediri, Jombang, Bojonegoro, Bangkalan.

Untuk level 3 sendiri ada 13 daerah, antara lain Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, Pacitan, Mojokerto, Magetan, Lumajang, Kota Mojokerto, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Blitar, Bondowoso, Blitar.

“Level 2 tercatat 19 daerah dan level 3 tercatat 13 daerah. Mohon semakin disiplin jaga protkes,” pungkas Khofifah.

Plt Kepala Dinas Kabupaten Gresik dr Muhibatil Khusna saat dikonfirmasi membenarkan jika Gresik sudah masuk level 1. Meski demikian, pihaknya terus mengingatkan kepada warga Gresik untuk tetap mengikuti dan mematuhi protokol kesehatan, jauh kerumunan. “Dan yang paling penting harus tetap pakai masker,” jelas dr Khusna.

Dijelaskan, secara kasus harian Gresik memang sudah melandai jauh dari ketentuan WHO yang mencatat angka kasus harian minimal 5 persen. Kemudian bed occupancy reate (BOR) di rumah sakit juga turun jam sehingga saat ini banyak rumah sakit di Gresik yang  mulai melayani pasien normal. Ruang ICU juga nyaris tidak ada pasien Covid.

“Mudah-mudahan ini bisa bertahan, karena ketentuan Level 1 ini fluktuatif. Untuk mempertahakannya kita harus patuh pada 3M, pakai masker dan tidak euforia berlebihan,” jelas dr Khusna. (ris)