Aksi ‘Pasukan Nasi Bungkus’ Gresik, Mulai Kumpulkan Donasi Hingga Bagi Nasi

Reporter : Muhammad Khoirur Rosyid - klikjatim.com

Anggota komunitas Pasukan Nasi Bungkus di Kabupaten Gresik saat membagikan nasi kepada petugas kebersihan. (Miftahul Faiz/klikjatim.com)

KLIKJATIM.Com | Gresik—Di tengah tingginya ketidak pedulian sosial, ada sejumlah komunitas yang rela mengulurukan tangannya untuk sesama. Komunitas ini menamakan diri ‘Pasukan Nasi Bungkus’ di Kabupaten Gresik.

Komunitas ini beranggotakan anak-anak muda dari berbagai latar belakang. Ketika melihat berbagai peristiwa sosial di masyarakat, para pemuda ini tersentuh. Lalu berinisiatif membantu sesama dengan cara membagikan nasi bungkus.

Ifada Surya Bawana (23), Koordinator Pasukan Nasi Bungkus mengatakan, komunitas ini rutin selama lima bulan terakhir ini membagikan nasi bungkus di Kabupaten Gresik. Mereka mengumpulkan donasi seikhlasnya setiap bulan. Lalu uang tersebut di rupakan nasi bungkus.

BACA JUGA :  Bulan Ramadhan, PG Ajak Seribu Anak Yatim Piatu Doa Bersama

“Kita membaginya pada anak yatim piatu, fakir miskin, tukang becak, tukang bersih-bersih hingga kaum pinggiran di kota,” katanya.

Jumlah donasi yang terkumpul memang berbeda-beda setiap bulannya. Tergantung kemampuan anggota berdonasi. Seperti Minggu (29/9/2019), Surya bersama anggota lainnya membagikan 113 bungkus.

“Dari donasi yang terkumpul kami rupakan nasi dapat 113 bungkus. Kalau donasinya dapat banyak, kita bisa bagi nasinya juga banyak,” ujarnya.

BACA JUGA :  Jokowi Akui Pelaksanaan Sistem Zonasi PPDB Masih Perlu Dievaluasi

Surya mengatakan, tidak ada nominal wajib membayar iuran. Dia menegaskan, iuran sesuai kemampuan anggota dan tidak ada paksaan.

“Ibaratnya shodaqoh, ya, semampunya dan seikhlasnya. Tidak ada paksaan. Kalau tidak punya tidak donasi tidak masalah,” katanya.

Hingga saat ini, anggota Pasukan Nasi Bungkus ini baru sekitar 15 orang. Setiap bulan mereka rutin menyumbang untuk diberikan kepada warga yang tidak mampu. Surya berharap, pemuda lainnya turut bergabung untuk pemberdayaan masyarakat yang lebih luas.

“Semakin besar komunitas, insyaallah semakin banyak donasi sehingga bisa merata di wilayah Gresik Kota,” tutup Surya. (iz/mkr)