Ajaib, Pohon Pisang Setinggi Paha Orang Sudah Keluar Ontong Buah

Reporter : Abdul Aziz Qomar - klikjatim.com

Pisang ajaib yang berbuah walau tingginya hanya setengah meter. (foto tribunnews)

KLIKJATIM.Com | Lamongan – Pohon pisang yang ditanam di pekarangan Masroin (40) di Dusun Mencorek, Desa Sendangharjo, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan mendadak viral. Itu terjadi lantaran pohon pisang yang baru tumbuh sekitar 3 bulan lalu itu sudah berbuah. Padahal tingginya baru sekitar 60 Cm.

BACA JUGA :  PSBB Surabaya Raya Dilanjut Jilid III

Berbeda dengan pohon pisang normal, yang baru berbuah setelah ketinggian pohon diatas 1 meter lebih. Namun pohon pisang Masroin ini sudah mengeluarkan jantung pisang. Masroin menceritakan, asal muasal tumbuhnya pohon pisang unik tersebut bermula ketika dirinya menanam dua bibit pohon pisang di pekarangan rumahnya, sekitar 3-4 bulan yang lalu.

“Awalnya saya tanam pisang seperti biasanya saja. Waktu itu saya nanam dua pohon pisang jenis pisang candi, bibitnya sama, waktu saya tanam itu tingginya sekitar 1 meter,” imbuh Masroin menceritakan.

Kedua pohon pisang itu ditanam secara bersamaan itu pun tumbuh dengan baik dan normal. Hanya saja kemudian kedua pohon pisang itu dimakan ayam hingga batang pohonnya habis. “Di sini banyak ayam, jadi batang pohonnya itu dimakan ayam sampai habis, tinggal tanahnya saja. Terus ya saya biarkan saja,” ujarnya.

BACA JUGA :  Dua Pemotor Balapan, Satu Otewe Rumah Sakit, Satunya Meluncur ke Akherat

Beberapa saat kemudian, kedua pohon pisang yang sebelumnya habis dimakan ayam tersebut tumbuh kembali, namun kondisinya sangat jauh berbeda. “Sama-sama dimakan ayam sampai habis, tapi yang satu tumbuhnya tetap normal, tapi yang satunya ini kok aneh, baru tumbuh setelah itu langsung keluar jantung pisangnya,” tutur Masroin.

Mungilnya pohon pisang yang memiliki ketinggian tidak sampai setengah meter dan sudah berbuah, membuat batang pohonnya tidak mampu menahan beban jantung pisang, sehingga harus ditopang dengan kayu penyangga. “Dari tanah itu hanya ada batang pohon sedikit dan langsung jantung pisang, hingga melengkung ke bawah. Anehnya daunnya ada satu helai, tapi kok ada jantung pisangnya,” terang Masroin yang kesehariannya menjadi petani.

Hanya saja, jantung pisang yang dihasilkan dari pohon pisang mungil tersebut tidak sebesar ukuran normalnya dan dalam satu sisir juga hanya berisi 3 buah pisang. “Satu cengkeh atau sisi itu cuma isi 3 pisang, biasanya satu cengkeh kalau normal itu biasanya isi belasan. Kalau tinggi pohonnya 3 sampai 4 meter kalau normal,” jelas Masroin. (hen)