Ada 98 Cakades Perempuan di Pilkades Serentak 2020, Sebagian Adalah Istri Atau Saudara Incumbent

Reporter : M Nur Afifullah - klikjatim.com

Salah satu tahapan Pilkades Serentak 2020 di Bojonegoro (ist)

KLIKJATIM.Com l Bojonegoro – Calon Kades di Pilkades Serentak 2020 hanya ada 98 perempuan dari 631 orang. Itu pun sebagian adalah istri atau keluarga dari calon lain, khususnya incumbent yang tidak punya lawan.

BACA JUGA :  Liburan Sekolah, TPG Banjir Pengunjung

Kabid Bina Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bojonegoro, Iramada Zulaikah  mengatakan, memang pilkades gelombang III ini banyak yang laki laki dibandingkan perempuan. Meskipun begitu pemilih atau pendukungan tetap akan melihat mana yang lebih pantas menjadi pimpinan, meskipun laki laki lebih banyak di bandingkan perempuan.

BACA JUGA :  Perluas Pangsa Pasar Pupuk NPK Komersil, PG Luncurkan Produk Baru

“Untuk calon kepala Desa sendiri sebesar 631 orang yang lolos dan untuk perempuan sendiri ada 98, sedangkan ada 533 laki laki,” ujar Iramada Zulaikah pada Kamis (13/2/2020)

Dari data DPMD, semua Calon Kepala Desa (Cakades) di Bojonegoro gelombang III tercatat ada 631 Calon, sebelumnya ada 666 bakal calon dan setelah seleksi menjadi 631 yang ditetapkan.

“Untuk rinciannya, Smp ada 67 orang, SMA ada 408 orang, D2 sampai D4 ada 15 orang, S1 ada 133 orang, dan S2 8 orang. Dan untuk gender sendiri laki laki mendominasi, laki laki ada 533 dan perempuan 98 orang,” beber Kabid Bina Pemerintahan Desa itu.

Dilanjut Ira, sapaan akrapnya, memang banyak yang lulusan SMA sederajat, tapi paling tidak kalau ngomong masalah lulusan apalagi SMA atau lebihnya, itu tetap diatasnya satu tingkat di bandingkan lulusan SMP.

“Kalau lulusan atau ijasah itu tidak menjamin untuk memimpin desa lebih baik lagi, tapi lulusan juga bisa menjadi indikator untuk lebih memajukan desa,” tutup Iramada Zulaikah. (af/bro)