Abaikan Prokes, Belasan Pengguna Jalan di Tulungagung Terjaring Operasi Yustisi Covid-19

Reporter : Iman - klikjatim.com

Petugas saat memberikan teguran kepada pelaku pelanggaran. (Iman/klikjatim.com)

KLIKJATIM.Com | Tulungagung – Perang terhadap penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tulungagung terus digelorakan. Hingga kini, tim gabungan yang terdiri dari Satpol PP, Polres dan Kodim 0807 Tulungagung pun gencar menegakkan aturan protokol kesehatan (prokes) di masa pandemi yang belum belum berakhir ini.

BACA JUGA :  Lama Tak Muncul, Pria di Gresik Ini Sudah Tewas Membiru

Selain menegakkan aturan jam malam, petugas juga tak henti-hentinya menggelar operasi yustisi Covid-19. Misalnya Rabu (9/6/2021) kemarin, tim gabungan menggelar operasi di Jalan Raya Sumbergempol atau tepatnya di depan kantor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tulungagung.

Perwira Pengendali kegiatan, Iptu Nenny Sasongko mengatakan, operasi yustisi digelar selama 2 jam. Sasarannya adalah pengguna jalan yang melintas di lokasi operasi.

“Kita laksanakan operasi selama 2 jam mulai pukul 09.00 sampai selesai,” ujarnya.

Dan hasilnya ditemukan 11 pelanggar prokes selama pandemi. Pasalnya mereka beraktivitas di luar rumah tanpa mengenakan masker.

“11 orang pelanggar, mereka kedapatan tidak menggunakan masker,” jelasnya.

Nenny menjelaskan, sebagian besar pelanggar merupakan muda-mudi yang lalai tidak menerapkan prokes. Sehingga para pelanggar ini disanksi denda administrasi 7 orang sesuai aturan yang berlaku, 3 orang dikenai sanksi teguran tertulis dan 1 orang sanksi sosial.

Selain memberikan tindakan bagi pelanggar prokes, pihaknya juga membagikan masker gratis bagi pengguna jalan yang kedapatan pakai masker usang atau tidak layak.

Pihaknya berharap kepatuhan masyarakat semakin meningkat. Sehingga potensi penyebaran Covid-19 khususnya di daerah setempat bisa diperkecil. (nul)