946.351 Warga Tuban Tercatat sebagai DPS Pilbup 2020

Reporter : M Nur Afifullah - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Tuban – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Tuban resmi menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 sebanyak 946.351 jiwa. Penetapan tersebut diputuskan melalui rapat pleno terbuka di Aula kantor KPUK pada Minggu (13/9/2020). 

BACA JUGA :  Persiapan Salat Tarawih, Puluhan Musala Disemprot Disinfektan

“Ada 946.351 jiwa. 467.553 laki laki dan 478.798 perempuan,” ungkap Ketua KPU Tuban Fatkul Iksan.

Ia mengatakan, Dalam penetapan DPS ini disampaikan oleh masing-masing panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan disaksikan langsung oleh badan pengawas pemilu (bawaslu). Untuk proses pemuktakhiran data tersebut pemilih hingga penetapan DPS berjalan lancar, “tidak ada tanggapan keberatan baik dari bawaslu maupun parpol sebagai peserta pemilu,” katanya.

“Untuk TPS sendiri ada 2.236 yang tersebar di 328 desa dan kelurahan di Tuban,” terangnya.

Menurutnya, Setelah ditetapkan, tahapan selanjutnya DPS hasil pleno akan diumumkan di kantor desa atau kelurahan dan di tempat strategis yang bisa dijangkau oleh masyarakat umum.

“Iya nantinya agar mendapat tanggapan dari masyarakat. Sehingga nanti kalau ada tanggapan masyarakat atau ada pemilih yang sudah mempunyai hak pilih dan belum masuk bisa dilaporkan ke PPS,” imbuhnya.

Fatkul Iksan berharap, agar warga mengecek DPS ini di kantor desa atau kelurahan. Apabila belum terdaftar atau terdapat perubahan mohon segera menghubungi jajaran penyelenggara PPS, PPK, atau KPU.

Dalam penetapan putusan tersebut di hadiri juga ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Chairul Anam, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tuban dan instansi terkait di lingkungan Pemkab Tuban. (bro)