9 Makanan Khas Jawa Timuran Versi Khofifah Ini Bikin Kamu Ngiler

Reporter : M. Shohibul Anwar - klikjatim.com

Ayam Lodho Tulungagung

KLIKJATIM.Com | Surabaya—Tidak dipungkiri lagi bahwa Jawa Timur memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Bahkan wisata alam mulai dari pegunungan hingga pantainya sangat mempesona bahkan bikin seger di mata.

BACA JUGA :  Istirahat di Kendaraan, Sopir Truk Ekspedisi Mati Mendadak

Eits, tapi tunggu dulu. Kali ini kita tidak membahas wisata. Tapi akan sedikit mengulas makanan-makanan khas dari Jawa Timur. Nah, bagi kalian yang ingin berkunjung ke Jawa Timur, kalian tidak hanya akan disuguhi panorama alamnya saja, tapi juga akan disambut kuliner khas Jawa Timur-an.

Berikut ini adalah delapan makanan khas Jawa Timur yang akan menemani wisata kuliner kalian saat berada di Jawa Timur. Makanan-makanan ini juga sudah direkomendasikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa loh. Apa saja itu ? Yuk simak selengkapnya…

1. Lontong Kupang dan Sate Kerang Sidoarjo

Lontong kupang dan sate kerang Sidoaarjo

Buat yang belum tahu, kupang itu hewan laut sejenis kerang yang memiliki ukuran kurang dari 1 cm atau sebesar butiran beras. Dan istimewanya, cuma ada di pesisir Jawa Timur. Konon kupang ini terlanjur ber ‘KTP’ Sidoarjo. Jadi kalau mau cari ya ke Sidoarjo. Soal rasa ? Jangan tanya. Saya yakin orang luar Jatim bakalan penasaran sekaligus ketagihan jika sudah mencoba. Sehat protein tinggi.

2. Nasi Pecel Sambal Tumpang Kediri

Pecel Tumpang Kediri

Salah satu kuliner legend yang harus kamu cicipi saat mengunjungi Kediri, Jawa Timur, adalah Nasi Pecel Sambal Tumpang. Gurihnya kacang tanah berpadu dengan pedasnya tumpang tempe yang sudah difermentasi dijamin bikin kamu lupa utang.

Oh ya, jangan sampe lupa peyeknya biar makin maknyusss. Kalau masih kurang, tambahkan lauk lain seperti dendeng, sate usus, sate hati dan ampela ayam, sate telur puyuh, telur ceplok, babat goreng, telur asin, ayam goreng sampai dengan ayam bakar.

3. Nase’ Jhajhan Pamekasan

Nase’ Jhajan Pamekasan

Jawa Timur punya ragam nasi khas dengan rasa yang otentik. Nah, akhir pekan kali ini saya rekomendasikan kamu untuk mencicipi Nase’ Jhajhan khas Pamekasan.

Kekhasan kuliner ini terletak dari menu lauknya yang beraneka ragam mulai dari daging bumbu, telur kuah petis, dendeng serundeng, ditambah sambal pedas. Perpaduan rasa yang wah dan lezat.

Apalagi, nasi ini dibungkus daun pisang sehingga lebih beraroma. Oh ya, makin mantap jika disantap dengan tangan. Tapi, jangan lupa cuci tangan pakai sabun sebelum makan ya.

4. Ayam Lodho Tulungagung

Ayam Lodho Tulungagung

Siapa yang bisa menyangkal kenikmatan hagigi ayam lodho khas Tulungagung ? Ayam kampung dimasak kemudian dibakar. Disiram kuah santan kental mirip opor dan disajikan dengan nasi putih hangat dan lodeh yang pedas. Satu kata yang bisa menggambarkan itu semua. Mantul !

5. Sate Komoh Pasuruan

Sate Komoh Pasuruan

Jatim, selain terkenal dengan ragam kuliner “pernasi-an’, juga punya banyak varian “per-sate-an”. Salah satunya adalah sate komoh asai pasuruan ini. Disebut komoh, karena potongan dagingnya jumbo-jumbo.

Biasanya sate ini dijadikan makanan pendamping rawon atau nasi campur. Oh ya, sate ini disajikan tanpa sambal kacang atau kecap. Penasaran atau malah kangen menyantapnya ? Ayo ke Jatim mumpung sedang libur panjang.

6. Pecel Gudeg Jember

Pecel Gudeg Jember

Siapa bilang pecel dan gudeg tidak bisa bersatu karena tidak adanya restu orangtua ? Di Jember, Jawa Timur kamu bisa menikmati keduanya langsung dalam satu piring.

Perpaduan gudeg nangka muda, dan kacang panjang dan tauge yang disiram bumbu pecel bikin keduanya terasa sangat serasi. Ditambah oseng tempe, bakwan jagung, telor pindang dan sambal goreng krecek bikin makanmu makin meriah. Oh ya, jangan lupa ajak peyek kacang yang menjadi pasangan setia pecel juga hadir dipiringmu.

7. Pecel Telo Lumajang

Pecel Telo Lumajang

Kalau biasanya isian pecel adalah kangkung, kol, taoge pendek, bayam dan bumbu kacang, maka di Lumajang ada yang namanya pecel telo yang berisi ubi (telo), semanggi, ontong pisang, genjer, dan kacang panjang. Toppingnya sendiri adalah hasil kolaborasi antara kacang dan telo. Unik kan ?

Soal rasa, jangan ditanya. Endeus banget. Jangan sampai gak cobain kalau kamu datang dan kulineran ke Lumajang. Pokoknya, belum ke Lumajang, kalau kamu belum menyantap pecel telo. Selamat berakhir pekan.

8. Sego Gegok Trenggalek

Sego Gegok Trenggalek

Meski tampilan dan isiannya sangat sederhana, jangan pernah meremehkan mantapnya rasa Sego Gegok asal Trenggalek, Jawa Timur ini. Punelnya nasi ditambah aroma daun pisang, plus pedasnya sambal ikan teri dijamin bikin ketagihan. Makin mantap ditemani secangkir kopi tubruk.

Oh ya, kenapa dinamakan Sego Gegok ? Itu akronim dari ‘Sego Genem Godhong Gedhang’, yang artinya nasi bungkus daun pisang. Penasaran mencoba ? Jangan lupa sarapan dan jaga kesehatan.

9. Sego Buwuhan Bojonegoro

Sego Buwuhan Bojonegoro

Satu lagi makanan khas yang menambah referensi kuliner pernasian asal Jatim adalah Nasi Buwuhan Bojonegoro. Rugi kalau kamu gak nyobain makanan ini saat datang ke Jawa Timur.

Dihidangkan diatas godong jati, saya jamin kamu bakalan nagih karena rasanya yang berbeda. Lauknya, ada mi kuning, momoh tempe, dan sayur tewel. Makin meriah kalau disandingkan dengan tempe goreng, sate komo, sate telur puyuh, ayam goreng, telur balado serta rempeyek teri atau kacang. Jangan lupa sarapan, jaga kesehatan. (mkr)