80 Warga Satu Dusun Diswab Antigen, 12 Orang Positif, Satgas Prokes Kecamatan Cerme Gresik Perketat Pemeriksaan

Reporter : Miftahul Faiz - klikjatim.com

Warga Dusun Sawahan Desa Gedangkulud Kecamatan Cerme menunggu giliran swab antigen oleh petugas medis Puskesmas Cerme

KLIKJATIM.Com | Gresik — Satgas Prokes Kabupaten Gresik saat ini meningkatkan pemeriksaan swab antigen di Kecamatan Cerme. Ini dilakukan setelah dalam pemeriksaan swab antigen di Balai Desa Gedangkulud, dari 80 orang yang diperiksa, 12 di antaranya positif.

BACA JUGA :  Bupati Gresik Sambari Tutup Pelaksanaan TMMD Ke-107

Untuk memastikan lagi, ke-12 orang warga Dusun Sawahan Desa Gedangkulud Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik akan menjalani swab PCR di RS Wates Husada Balongpanggang. “Memang benar hari ini ada pemerikdaan swab antigen di Dusun Sawahan Desa Gedangkulud. Hasilnya dari 80 warga yang dites, 12 warga positif Covid-19,” kata Suyono, Camat Cerme.

Petugas medis puskesmas Cerme saat melakukan swab antigen di Balai Desa Gedangkulud Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik

Selanjutnya, 12 warga akan dilakukan tes PCR di Rumah Sakit Wates Husada Gresik Balongpanggang Gresik. Menurutnya, tes swab yang melibatkan satu RT itu sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19 di Kabupaten Gresik.

“Besok langsung akan tes PCR untuk hasil lebih lanjut,” katanya.

Sementara itu Kadinkes Kabupaten Gresik drg Saifudin Ghozali mengatakan, swab antigen ini hasil dari Upaya tracking (pelacakan), tracing (penelusuran) dan testing (pengujian) penyebaran covid-19 di Kabupaten Gresik.

“Untuk klasternya kami masih menelusuri, belum tahu pasti,” imbuhnya.

Adapun update pasien Covid-19 di Kabupaten per hari ini, Selasa (15/6/2021) ada tambahan 9 pasien positif. Dengan total pasien positif 5726, Isolasi mandiri 77, pasien sembuh 71, dan meninggal 358. (rtn)