55 Ton Bawang Merah Probolinggo Diekspor ke Thailand

Reporter : Redaksi - klikjatim

Sejumlah kuli mengumpulkan bawang

KLIKJATIM.Com I Probolinggo – Kualitas bawang merah Kabupaten Probolinggo tidak hanya diakui di pasar regional, tetapi juga mendapat pengakuan dari mancanegara. Hal ini dibuktikan dengan masuknya bawang merah hingga ke negara Thailand.

BACA JUGA :  Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi Target Turunkan Angka Stunting dan Kematian Ibu Melahirkan Tahun Ini

Melalui PT Cipta Makmur Sentausa, bawang merah asal Probolinggo bisa diekspor ke negara Thailand. Tak tanggung-tanggung, minggu ini saja PT. Cipta Makmur Sentausa memberangkatkan sebanyak 55,2 ton bawang merah dari Pasar Bawang Dringu, Probolinggo.

Dinilai Lelet Tangani Kasus Korupsi, Kantor Kejari Kraksaan Diluruk Puluhan Aktivis Anti Korupsi
Jelas saja, bawang merah hasil produksi petani Kabupaten Probolinggo sangat diminati di pasar mancanegara, khususnya Thailand.

Direktur PT. Cipta Makmur Sentausa, Sri Puji Wantik mengaku sangat tertarik dengan bawang Probolinggo karena kualitasnya baik. Bahkan, dirinya berkomitmen akan terus meningkatkan ekspor bawang merah produksi petani Probolinggo agar harga tidak jatuh ketika musim panen.

Sri Puji Wantik menyebutkan bahwa pihaknya secara rutin setiap tahun mengekspor bawang merah ke mancanegara, khsususnya negara-negara Asia. Hal ini tidak lepas dari kerja keras Balai Besar Karantina Surabaya dan pemerintah daerah yang berhasil menjaga produksi pertanian di tengah pandemi Covid-19.

Perlu diketahui, PT Putra Santoso Maju group dari PT. Cipta Makmur Sentausa sudah beberapa kali memberangkatkan bawang merah asal Probolinggo ke Thailand. Pertama, 2 kontainer atau sebanyak 55.2 ton.

Sedangkan shipment kedua PT Cipta Makmur Sentausa memberangkatkan 2 kontainer atau sebanyak 55.2 ton bawang merah ke Thailand. Shipment ketiga tanggal 20 September 2021 memberangkatkan 2 kontainer atau sebanyak 55.2 ton bawang merah di mana barang saat ini dalam proses stuffing dan pengecekan dari Balai Besar Karantina Surabaya.

“Untuk minggu selanjutnya, akan mengekspor bawang merah Probolinggo sebanyak 2-4 kontainer. Apabila ketersedian bawang merah di petani mencukupi dan harganya sudah turun,” ujar Sri Puji Wantik melalui keterangan tertulisnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Probolinggo, Mahbub Junaidi mengapresiasi langkah baik PT Cipta Makmur Sentausa atas cakupan ekspor bawang merah hingga ke Thailand. Pihaknya sangat mendukung sekali dan itu merupakan langkah maju untuk membantu petani bawang di Probolinggo.

“Saya mendukung sekali dan itu bagus. Apalagi, kualitas bawang Probolinggo sangat bagus dan di sini sangat melimpah. Karena, produksi bawang merah yang dihasilkan petani mencapai 90 ribu ton/tahun dengan luas area 9 ribu hektare,” ujar Mahbub.

Senada, Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dr. Ir. Mohammad Natsir M.Si. juga memberikan apresiasi yang sama. Dirinya sangat berharap agar apa yang dilakukan PT Cipta Makmur Sentausa bisa digabungkan dengan ekspor bawang goreng dan original yang saat ini disiapkan.

“Kita apresiasi penuh apa yang dilakukan PT Cipta Makmur Sentousa. Itu sebuah gebrakan dan membantu petani dalam mengangkat harga bawang merah lokal Probolinggo,” pungkasnya. (*)