450 Pelanggaran Lalin Per Hari, Satlantas Gresik Gencar Edukasi Pengendara

Reporter : Miftahul Faiz - klikjatim.com

Petugas memberikan masker kepada pengendara yang kedapatan tidak menggunakan masker. (Miftahul Faiz/klikjatim.com)

KLIKJATIM.Com | Gresik – Kesadaran pengendara di Jalan Raya untuk tertib berlalu lintas tampaknya masih sangat kurang. Terbukti dari hasil penindakan polisi di Kabupaten Gresik selama pelaksanaan operasi patuh semeru tahun 2020 sampai sekarang, rata-rata ditemukan 450 pelanggar setiap harinya.

Kasatlantas Polres Gresik, AKP Yanto Mulyanto P menuturkan, jenis pelanggaran yang ditemukan bermacam-macam. Mulai dari pelanggaran ringan hingga berat.

BACA JUGA :  Ringankan Beban Ekonomi Warga Saat Pandemi, PN Bangil Bagikan Ratusan Paket Sembako

“Dari total pelanggaran yang terjaring per harinya, sekitar 150 pengendara terpaksa kami tindak tegas dengan melakukan penilangan. Sedangkan sisanya 300 pengendara diberikan teguran,” ujarnya, di sela-sela kegiatan operasi di Simpang Lima Sukorame, Gresik, Selasa (28/7/2020).

Selain memberikan sanksi teguran hingga tilang, pihaknya tetap mengedepankan upaya preventif. Yaitu dengan memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat agar selalu tertib mematuhi rambu-rambu lalu lintas saat berkendara.

“Kami juga membagikan brosur terkait kegiatan operasi patuh semeru kepada pengguna jalan, serta mengimbau untuk selalu menjalankan protokol kesehatan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” jelasnya.

BACA JUGA :  Pelindo III Jajaki Bantu Pembangunan Masjid Usman bin Affan

Menurutnya, hal ini juga ditekankan kepada para pihak yang terlibat kecelakaan lalu lintas dan pemohon surat izin mengemudi (SIM) baru maupun perpanjangan. Sehingga diharapkan masyarakat semakin tertib dalam berlalu lintas demi keselamatan bersama.

“Bagi para pemohon SIM baru dan perpanjangan sebelum memasuki ruang pelayanan satpas juga harus mematuhi protokol kesehatan, yaitu melakukan cuci tangan, memakai masker dan dilakukan pengecekan suhu tubuh,” pungkasnya. (nul)