45.000 Pelanggan PDAM Gresik Nikmati Air SPAM Umbulan

Reporter : Miftahul Faiz - klikjatim.com

Dirut PDAM Siti Aminatus Zariyah sambil minum saat cek SPAM Umbulan Reservoir Giri-1 (Miftahul Faiz/klikjatim.com)

KLIKJATIM.Com | Gresik   – Permasalahan defisit air di Kabupaten Gresik perlahan mulai teratasi. Pasalnya, air yang bersumber dari Sistem Penyediaan Air Minum (Spam) Umbulan Pasuruan yang dibeli oleh PDAM Gresik kini mulai didistribusikan ke masyarakat.

Direktur Utama PDAM Giri Tirta Ceria Gresik, Siti Aminatus Zahriyah mengatakan, air yang berasal dari SPAM Umbulan sudah didistribusikan kepada 45.000 pelanggan rumah tangga maupun industri di Kabupaten Gresik sejak satu minggu lalu.

BACA JUGA :  Tren Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 di Gresik Terus Naik, Penyintas Surati Nakes

“Banyak pelanggan di wilayah Gresik dan Kebomas yang sudah menikmati air (SPAM Umbulan). Selain warnanya jernih ada beberapa pelanggan yang mengaku air lebih dingin dan segar,” kata Dirut PDAM Giri Tirta Ceria Gresik, Siti Aminatus Zahriyah disela-sela meninjau Reservoir Giri-1, Jumat sore.

Risa sapaan akrabnya mengatakan, setiap harinya PDAM Giri Tirta Ceria Gresik akan menerima pasokan air bersih dari SPAM Umbulan dengan volume 300 liter perdetik atau setara 25.920 meter kubik. Sebelum dialirkan ke pelanggan yang ada di dua Kecamatan Gresik dan Kebomas, air terlebih dahulu ditampung pada fasilitas reservoir atau penampungan air bersih berkapasitas 7.000 meter kubik.

BACA JUGA :  Siswi SMK di Gresik Gantung Diri di Kamarnya

“Air yang mengalir dari pipa SPAM Umbulan ke resevoir ini bisa langsung diminum karena berdasarkan hasil uji lab bebas zat kimia atau organik, bakteri coliform, kandungan besi dan memiliki kadar PH sesuai standar Kemenkes,” imbuhnya.

Risa tidak menampik, jika saat ini layanan air bersih PDAM Giri Tirta Ceria belum bisa optimal, ssbab, pihaknya kini tengah sibuk melakukan pembenahan beberapa jaringan pipa yang mengalami kebocoran akibat dimakan usia.

“Pipa yang ada di wilayah kota saat ini usianya lebih dari 20 tahun, begitu mendapatkan kucuran air dengan debit tinggi langsung bocor. Hal ini yang kini tengah kami perbaiki,” tuturnya.

Risa berharap perbaikan pipa tua maupun jaringan yang sudah uzur tidak memakan waktu lama. Sehingga pelanggan di area kota dapat menikmati air bersih secara optimal.

“Kami memohon dukungan kepada seluruh lapisan masyarakat agar optimalisasi SPAM Umbulan dalam waktu dekat tidak menemui kendala. Sehingga krisis air di Gresik perlahan bisa teratasi,” pungkasnya. (bro)