3500 PKL dan Pemilik Warung Tulungagung Akhirnya Terima Bantuan Senilai Rp 1,2 Juta

Reporter : Iman - klikjatim.com

Sejumlah pedagang saat akan menerima bantuan di Makodim Tulungagung

KLIKJATIM.Com | Tulungagung – Ribuan Pedagang Kaki Lima (PKL) dan Pemilik Warung di Tulungagung yang selama ini belum mendapatkan bantuan tunai dari pemerintah di masa pandemi, akhirnya bisa tersenyum lebar.

BACA JUGA :  Ibu Dua Anak Ini Nekat Jual Sabu Karena Nafkah Dari Suami Kurang

Setelah TNI memastikan 3500 nama PKL dan Pemilik Warung di Tulungagung sebagai penerima bantuan tunai dari pemerintah dengan nominal sebesar Rp 1,2 juta.

Untuk pencairan pertama yang dilakukan pada Kamis (21/10) siang tadi, 200 penerima langsung mendapatkan bantuan tunai tersebut dengan mengambilnya langsung di Makodim 0807 Tulungagung.

Komandan Kodim 0807 Tulungagung,Letkol Inf Yoki Malinton yang dikonfirmasi usai acara mengatakan, hari ini baru 200 orang dulu yang menerima, selanjutnya akan disampaikan secara bertahap untuk penerima lain di Tulungagung.

“Hari ini baru 200 orang yang kita undang ke Makodim nanti secara bertahap akan diberikan kepada 3500 pedagang kaki lima dan pengusaha warung di Tulungagung,”jelasnya.

Yoki memastikan, bantuan diberikan kepada PKL dan Pemilik Warung yang selama ini terdampak pandemi dan belum menerima bantuan sama sekali dari pemerintah.

“Kriterianya mereka yang dapat bantuan ini adalah mereka yang terdampak pandemi dan belum mendapatkan bantuan sama sekali, termasuk bantuan BPUM,”ucapnya.

Untuk memastikan tidak ada tumpang tindih data, pihaknya telah berkoordinasi dengan berbagai pihak seperti Pemkab, Polri hingga Kejaksaan yang juga menyalurkan bantuan yang sama untuk PKL dan pemilik warung di Tulungagung.

Sehingga bantuan tunai kali ini bisa tepat sasaran dan merata diterima oleh pedangang kaki lima dan pemilik warung yang terdapmak pandemi Covid-19.

“Persiapan sudah kita lakukan jauh jauh hari dengan memanfaatkan NIK warga sehingga tidak tumpang tindih, yang sudah dapat bantuan ya tidak bisa dapat lagi,”tuturnya.

Pihaknya berharap,bantuan yang diberikan bisa menjadi modal tambahan bagi warga sekaligus meningkatkan taraf perekonomian masyarakat di masa pandemi.

Sementara itu, salah satu penerima bantuan, Purwanti (38) Pedagang rujak asal Tulungagung ini mengaku senang dengan bantuan yang diterimanya.

“Saya senang sekali mas,baru kali ini dapat bantuan walaupun sudah berulang kali mengajukan untuk dapat bantuan,”ujarnya.

Dirinya berharap, bantuan tunai sebesar Rp 1,2 juta yang diterimanya bisa digunakan untuk menambah modal warungnya yang selama ini mengalami penurunan pemasukan akibat pandemi Covid-19. (bro)