200 TKI Ilegal Asal Sampang Dipulangkan dari Malaysia

Reporter : M. Shohibul Anwar - klikjatim.com

KLIKJATIM.Com | Sampang–Lantaran dianggap ilegal sebanyak 200 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Sampang, Madura, dipulangkan dari Malaysia. Alasannya, visa yang digunakan para TKI tak sesuai kegunaan.

Kasi Penempatan Tenaga Kerja Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Tenaga Kerja (Diskumnaker) setempat, Agus Sumarso membenarkan bahwa ratusan TKI tersebut berstatus ilegal. Sebab, visa yang digunakan dengan tujuan melancong sebagai turis.

BACA JUGA :  Pelaku Perampokan Sadis Menyusul Korbannya ke Alam Barzah

“Yang dipulangkan karena masa aktif Paspor mereka sudah berakhir,” terangnya, Sabtu (1/8/2020).

Pihaknya mengaku, selama ini kesulitan untuk mendeteksi warga Sampang berangkat keluar negeri dengan tujuan berkerja. Hanya saja, untuk mencegah TKI ilegal pihaknya gencar melakukan sosialisasi terutama kepada calon tenaga kerja.

BACA JUGA :  Semua yang Melaksanakan Ajaran Islam dengan baik Adalah Santri

“Kenapa memilih ilegal, karena para calon tenaga kerja ini kadang mendapatkan garansi dari keluarganya atau familinya yang berada di Malaysia,” jelasnya.

Sekedar diketahui, sebelum dipulangkan paksa, sejumlah TKI sempat ditahan oleh polisi Malaysia. Rata-rata TKI ilegal tersebut tidak bisa menunjukan identitas maupun dokumen penunjang kewarga negaraan lainya. (hen)