2 Tahun Klikjatim

Reporter : Redaksi - klikjatim

HARI ini 10 Mei 2021 tepat dua tahun sudah kami menemani pembaca masyarakat Jawa Timur dan sekitarnya menginformasikan Jawa Timur dan segala pernak-pernik yang terjadi melalui satu klik dunia maya yakni Klikjatim.com. Memang dibanding media siber lainnya, usia kami masih tergolong sangat muda. Ibaratnya kami ini baru menetas di tengah hingar bingar industri media nasional yang menurut catatan Dewan Pers hingga akhir 2020 lalu mencapai 42 ribu situs website media massa.

Sejak awal kami berdiri pada 10 Mei 2019, Klikjatim.com ingin memberikan warna dalam penyajian informasi kepada warga Jawa Timur. Banyak pilihan memang menikmati sajian informasi berbagai peristiwa dan update kegiatan masyarakat, pemerintah dan pelaku bisnis, namun Klikjatim ingin memberikan sentuhan khusus tampilan informasi yang ringan sekaligus memberi referensi informatif kepada masyarakat.

Disadari atau tidak, media siber saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Tidak hanya di Jawa Timur, melainkan juga nasional, dan global dunia.  Media siber khususnya di Jawa Timur saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi pengambil kebijakan, stakeholder dan masyarakat luas. Peranya sedikit banyak mulai menggantikan media cetak yang sejak setahun ini terimbas hebat oleh pandemi Covid-19.

Kondisi ini pula yang mengilhami Klikjatim.com hadir ke tengah masyarakat melalui sajian-sajian informasi yang aktual, up to date dan terpercaya. Sejak pandemi berlangsung pada awal Maret 2020, secara tidak langsung mendorong industri media bergeser ke industri 4.0 yang lebih banyak menampilkan informasi digital di tengah kehidupan masyarakat.

Dua tahun sudah perjalanan Klikjatim.com menyampaikan kabar terkini Jawa Timur. Tentunya dengan bertambahnya usia ini, menjadikan kami untuk selalu mawas diri dan mengevaluasi diri agar senantiasa menemukan kebaikan dan sisi positif untuk dikabarkan kepada masyarakat. Di usia 2 tahun ini juga kami harus mengakui harus ada pembenahan, menutupi kekurangan dan berusaha meminimalisir kesalahan dalam penyajian informasi serta berita kepada masyarakat.

Sejak hadir di tengah masyarakat Klikjatim.com, hingga kini diawaki jurnalis handal pemegang sertifikasi Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dari Dewan Pers. Saat ini Klikjatim.com terdapat wartawan kompeten Utama atau tertinggi sebagai penanggungjawab, kemudian  2 orang wartawan madya sebagai redaktur pelaksana dan redaktur serta 5  wartawan muda.  Mereka telah dibekali ilmu, kode etik dan regulasi dan bertangungjawab penuh pada UU 40/1999 tentang Pers sehingga produk yang disampaikan merupakan produk jurnalistik kompeten.

Kepada narasumber, relasi iklan, kolega bisnis dan rekan jurnalis, pada ulang tahunnya kedua tahun 2021 ini, kami berkomitmen untuk terus hadir memberikan sajian informasi yang profesional, Doakan kami untuk bisa senantiasa menemani pembaca dan viewers Jawa Timur. Terima kasih. (*)