11 Orang Dalam Satu RW Terpapar Covid, Akhirnya Di-lockdown

Reporter : Ali Ibrahim - klikjatim.com

Ilustrasi penutupan kawasan desa akibat Covid-19.

KLIKJATIM.Com | Batu – Wilayah RW 06 Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo Kota Batu akhirnya dilakukan Pembatasan Sosial Berskala Lokal (PSBL), sejak Senin (6/7/2020) pukul 00.00. Langkah itu dilakukan Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tingkat Kecamatan Junrejo, Kota Batu setelah diketahui ada 7 orang warga RW 06 yang terkonfirmas Covid-19.

BACA JUGA :  Calon Perwira Remaja AAL Dibekali Manajemen Risiko

Rujito, Kepala Desa Mojorejo mengungkapkan, PSBL di RW 06 diberlakukan hingga 14 hari ke depan. Sebab di wilayah ini ada tambahan 4 orang lagi yang konfirm pada Minggu (5/7/2020) setelah sehari sebelumnya sudah 3 warga yang konfirm positif. Pada Minggu ada tambahan konfirm 4 orang. 3 orang diisolasi ke shelter kota, 1 orang isolasi mandiri karena punya anak kecil.

“Jadi hingga saat ini jumlah warga yang konfirm di RW 06 Desa Mojorejo sebanyak 11 orang. PSBL ini diberlakukan berdasarkan hasil koordinasi dengan satgas kecamatan. PSBL ini berlaku mulai Senin, 6 Juli pukul 00.00 hingga 14 hari ke depan,” kata Kades Mojorejo.

Dijelaskan, pemberlakuan PSBL di wilayah RW 06 Mojorejo dimulai sejak Senin sehingga segala aktivitas warga harus melalui prosedur protokol kesehatan yang ketat. Seluruh warga di wilayah ini wajib memakai masker. Bagi yang keluar masuk kampung untuk urusan penting, wajib menjalani sterilisasi serta pengecekan suhu tubuh.

BACA JUGA :  Arema FC Tetapkan Protokol Kesehatan Sebelum Latihan

Selain itu, ada pencatatan tamu yang masuk dan pemantauan terhadap warga yang melaksanakan isolasi mandiri di rumah. “Kami juga mengimbau warga untuk tidak keluar rumah bila tidak ada keperluan yang sangat penting dan mendesak,” pungkasnya.

Arief Rachman Ardyasana, Ketua Gugus Tugas Kecamatan Junrejo kepada wartawan mengatakan, informasi adanya 7 warga Desa Mojorejo yang terkonfirmasi Covid memang benar. Berdasarkan musyawarah antara pihak kecamatan, desa serta pengurus RW setempat, maka disepakati untuk dilakukan PSBL di wilayah RW. (hen)