Mantan Asisten Timnas Resmi Dikontrak Persebaya

Wolfgang Pikal (kiri) bersama manajer Persebaya. (ist)

KLIKJATIM.Com ǀ Surabaya – Teka teki pelatih defenitif Persebaya mulai terkuak. Wolfgang Pikal, Asisten pelatih timnas Indonesia 2016 resmi masuk tim pelatih Persebaya, setelah menandatangani kontrak sebagai asisten pelatih.

Kini pelatih berkebangsaan Austria tersebut akan membantu Alfred Riedl, yang nantinya akan menjadi pelatih kepala. “Saya sangat bangga bisa bergabung dengan Persebaya,” kata Pikal, seusai menandatangani kontrak di Kantor Marketing Persebaya.

BACA JUGA :  Bonus Porprov 2019 Diterima Utuh Tanpa Potongan

Menurutnya, Persebaya adalah tim besar yang memiliki potensi. “Ini tim yang besar, dengan fanbase yang luar biasa, serta potensial di masa depan juga luar biasa,” lanjutnya.

Kehadiran Pikal di tim berjuluk bajul ijo akan menjadi asisten pelatih Riedl bersama Bejo Sugiantoro. Legenda hidup Persebaya itu kini menjadi pelatih caretaker sepeninggal Djadjang Nurdjaman.

Kombinasi Riedl, Bejo, dan Pikal, diyakini bakal membawa hasil maksimal untuk Persebaya. Riedl dan Pikal punya kemampuan teknis yang sangat baik, sehingga sukses bersama timnas. Sedangkan Bejo, selain secara teknis bagus juga mempunyai pemahaman yang sangat baik terhadap pemain maupun gaya main Persebaya.

Pria 51 tahun itu menyatakan, dirinya dan Bejo akan intens berkomunikasi dengan Riedl. Sebab Riedl baru akan tiba di Surabaya pertengahan September.

BACA JUGA :  Ajang Kejurkab IPSI Gresik, Pesilat Pagar Nusa Borong Medali

“Sementara, Coach Alfred belum datang, Coach Bejo bersama saya akan menjalankan program dari beliau. Setiap hari kami akan koordinasi dengan beliau,” ucap Pikal.

Dapat diketahui, Pikal bersama Alfred Riedl sukses membawa timnas Indonesia dua kali finish di peringkat kedua Piala AFF 2010 dan 2016. Tak hanya itu, dari sisi lisensi kepelatihan Pikal cukup mentereng.

Pria yang sudah fasih berbahasa Indonesia itu mengantongi licensi UEFA B, Lisensi FA, dan KNVB Belanda. Hasil itu didapat usai menimba ilmu di Arsenal, Aston Villa, dan Ajax Amsterdam. (lam/hen)